pulsa-logo

Tahun Depan, Apple Bakal Singkirkan 'Notch' dari iPhone?


Galing

Kamis, 08 Maret 2018 • 17:27

Apple, iPhone, iPhone X


Sumber: PhoneArenaSumber: PhoneArena

Upaya Apple untuk menghadirkan smartphone dengan nisbah layar terhadap permukaan tinggi (screen-to-body ratio) ditempuh oleh perusahaan Amerika tersebut dengan membuat notch yang merupakan potongan area kecil di bagian atas layar perangkat. Potongan kecil inilah yang kemudian jadi tempat bercokolnya kamera yang diperlukan untuk membuat Animoji serta mendeteksi wajah pengguna lewat fitur FaceID.

Kabar terbaru dari salah seorang narasumber industri layar OLED pada media Korea Selatan menyebutkan bahwa Apple di tahun 2019 mungkin akan menyingkirkan notch pada iPhone. Adapun usaha mereka untuk melenyapkan notch tersebut kabarnya akan mereka lakukan dengan mengurangi ukuran kamera TrueDepth sekecil mungkin. Finisar yang merupakan salah satu perusahaan pembuat sensor kamera canggih tersebut saat ini memang masih baru pada tahap awal untuk mengupayakan minimalisasi ukuran suku cadang dari sensor yang berkenaan.

Sementara itu sebuah paten terbaru yang bocor mengungkap adanya celah mikroskopis yang berada pada panel layar perangkat. Dengan ukuran yang hampir tidak tertangkap oleh pandangan mata manusia, celah ini diprediksi tidak akan berimbas pada estetika iPhone secara keseluruhan. Dari paten yang terungkap inilah kemudian timbul spekulasi soal kemungkinan adanya sensor yang ditanam berada di bawah permukaan layar.

Sedangkan earpiece serta sensor kamera depan mungkin akan disisipkan pada celah yang menembus ke dalam panel layar bagian atas perangkat atau mungkin saja akan disematkan pada bezel atas. Walau bagaimanapun ini semua barulah sebatas spekulasi. Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya. (Galing)

Sumber: ETNews via TheInvestor via PhoneArena