pulsa-logo

Ternyata Pengguna Android Lebih Loyal Ketimbang iOS


dian iskandar

Jum'at, 09 Maret 2018 • 10:29

Ternyata Pengguna Android Lebih Loyal Ketimbang iOS


ilustrasiilustrasi

Pengguna iOS memang sudah terkenal dengan loyalitasnya terhadap merek, tapi studi terbaru menyebutkan bahwa loyalitas pengguna Android melampaui platform besutan Apple tersebut.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) mengatakan bahwa pengguna Android memiliki loyalitas merek yang lebih tinggi daripada pengguna iOS, seperti dilansir TechCrunch via The Verge. Laporan tersebut mengatakan bahwa tidak hanya loyalitas Android telah meningkat sejak awal 2016, namun saat ini merupakan yang tertinggi yang pernah ada.

Untuk mengukur loyalitas saat ini terhadap setiap platform, penelitian ini melihat persentase pelanggan AS yang setia dengan sistem operasi mereka setelah melalukan upgrade ponsel mereka pada 2017. Sekitar 91 % tetap bertahan dengan Android, sementara 86 persen mempertahankakn iOS. Mike Levin, pendiri CIRP, mengatakan kepada TechCrunch bahwa "Dengan hanya dua sistem operasi mobile (besar) pada saat ini, tampaknya pengguna sekarang memilihnya, mempelajarinya, berinvestasi di aplikasi dan penyimpanan, dan bertahan dengannya."

Loyalitas merek untuk iOS dan Android telah bergeser selama bertahun-tahun. Pada tahun 2013, pengguna iOS lebih loyal, namun mulai Januari 2016 sampai Desember 2017, Android memimpin, berkisar antara 89 hingga 91 persen, sementara loyalitas iOS berkisar antara 85 hingga 88 persen. Namun, CIRP mengatakan bahwa perlu dicatat bahwa tingkat perpindahan tersebut berbeda dari jumlah orang yang beralih. Android memiliki basis pelanggan yang lebih besar daripada iOS, sehingga jumlah orang yang beralih ke iOS dari Android sama dengan atau lebih banyak daripada jumlah orang yang beralih dari Android ke iOS.

"Melihat jumlah pengguna absolut dengan cara ini," kata Levin, "cenderung mendukung klaim bahwa iOS mendapatkan lebih banyak pengguna Android, daripada pengguna Android yang sebelumnya menggunakan iOS." (*)

Sumber: TechCrunch via TheVerge