pulsa-logo

Perhatikan! Begini Cara Tepat Kurangi Efek Radiasi Smartphone


Nariswari

Senin, 12 Maret 2018 • 11:50

Radiasi Ponsel, Radiasi Smartphone, Efek Radiasi, Efek Radiasi Smartphone


Sumber: PhoneArenaSumber: PhoneArena

Selama ini banyak anggapan negatif dan mengerikan terkait dengan dampak radiasi ponsel pada kesehatan manusia, entah berpengaruh buruk pada kesehatan fisik, otak, mental, dan bahkan bisa berujung pada kematian. Namun berdasarkan dari hasil dua kajian yang dilakukan oleh National Toxicology Program (NTP) telah menyimpulkan bahwa radiasi ponsel kemungkinan besar tidak akan membunuh Anda. Tapi untuk memberikan rasa aman, memang sangat dianjurkan untuk tetap menggunakan ponsel secara bijaksana serta tidak berlebihan.

Penelitian NTP tersebut menggunakan tikus yang terpapar radiasi frekuensi radio (RFR) dalam jangka waktu tertentu, seperti tipe yang dipancarkan dari ponsel dan oven microwave.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh ilmuwan senior NTP Dr. John Bucher, tikus yang terpapar RFR berada dalam kesehatan yang sama dengan mereka yang tidak terpapar, dan beberapa di antaranya yang terkena radiasi tidak menunjukkan rasa sakit tertentu.

Dr Bucher juga menunjukkan bahwa pengguna ponsel diharapkan dapat  mengurangi paparan radiasi dengan tidak terlalu sering menempelkan smartphone ke telinga. Beliau mengatakan  bahwa langkah ini secara dramatis dapat mengurangi paparan radiasi ke tubuh Anda. Radiasi ponsel akan berkurang drastis dengan kian jauhnya jarak antara Anda dengan sang perangkat. Pengguna juga disarankan agar meletakkan handset berjauhan dari tempat berbaring mereka saat sedang tidur.

Saat ini belum ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-ion meningkatkan risiko kanker pada badan manusia. Dan penggunaan teknologi seperti headset kabel dan nirkabel, dapat mengurangi paparan frekuensi radio ke kepala dan otak.” Tulis National Cancer Institute.

Selama ini, teknologi yang dikembangkan di ponsel diawasi secara ketat di A.S. oleh SEC dan FDA. Termasuk batas kemanan perangkat tersebut untuk digunakan oleh manusia supaya tidak berimbas pada kesehatan pengguna. (Nariswari/Galing)

Sumber: NYPost via PhoneArena