pulsa-logo

Alasan Sony Tinggalkan Jack Audio 3.5mm di Xperia XZ2


Nariswari

Kamis, 15 Maret 2018 • 02:26

Sony, Sony Xperia XZ2, Sony Xperia XZ2 Compact


Sumber: XperiaBlogSumber: XperiaBlog

Sony selama ini dikenal handal dalam mengemas ponsel pintar buatannya yang memiliki berbagai fitur yang mumpuni. Terlebih lagi dengan adanya sistem audio yang tak kalah berkualitas. Bagi sebagian besar penggemar musik, langkah Sony untuk menghilangkan dukungan audio jack di Sony Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact tentu sangatlah disayangkan.

Lalu apa alasan Sony sebenarnya menghilangkan dukungan jack audio 3,5mm yang masih sangat populer digunakan?

Sony melalui forum tanya jawab di situs resmi Sony Mobile akhirnya buka suara mengapa mereka harus melepas dukungan jack headphone 3.5mm untuk Xperia XZ2 dan XZ2 Compact. Sebuah FAQ baru-baru ini yang diterbitkan oleh Sony menjelaskan bahwa jack headphone 3,5mm  terpaksa dihilangkan  untuk mengakomodasi desain 'Ambient Flow'  di smartphone Sony Xperia generasi terbaru.

Tak hanya itu, Sony juga dengan menghentikan dukungan jack audio 3,5mm di Sony Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact juga berupaya ikut serta dalam tren pasar utama menuju teknologi nirkabel.

Namun sepertinya hal ini hanyalah alasan yang diberikan oleh  Sony. Pasalnya, Sony bisa saja membuat cukup ruang untuk tetap mempertahankan jack audio 3,5mm  jika Sony memang benar-benar menginginkannya tetap ada di jajaran  smartphone terbarunya.

lagi pula banyak pabrikan smartphone lain dengan bezel yang lebih tipis namun masih menyertakan port audio 3.5mm.

Sisi positifnya, Xperia XZ2 hingga kini masih akan mendukung Hi-Res Audio yang ciamik. Meskipun apa yang Sony sajikan sebagai Hi-Res Audio hanya akan bekerja dengan headset kabel dan penggunaan kabel konversi yang kompatibel. (Nariswari/Galing)


Sumber: XperiaBlog