pulsa-logo

Lebih Dekat dengan Xiaomi Redmi 5 (32GB)


Deni Hardian

Jum'at, 16 Maret 2018 • 09:58


Setelah mengulas tuntas Xiaomi Redmi 5 Plus, kali ini PULSA ingin mengulas adik dari Xiaomi Redmi 5 Plus yang bernama Xiaomi Redmi 5. Versi yang sudah hadir di meja redaksi saat ini adalah Xiaomi Redmi 5 dengan variasi RAM 3GB dengan memory internal sebesar 32GB.

Tiba di pasaran dengan metode flash sale, PULSA membeli perangkat ini di toko offline di pusat perbelanjaan ponsel di ITC Kuningan dengan label harga Rp2,2 juta rupiah. Jauh lebih tinggi di bandingkan harga flash sale yang di lakukan Lazada Rp 1.899.000 dan harga resmi yang di patok oleh Erafone yakni Rp 2.099.000. Lantas, bagaimana tampilan, spesifikasi serta fitur yang ditanamkan pada Xiaomi Redmi 5? Berikut hands on Xiaomi Redmi 5 oleh Tabloid PULSA.

Memiliki desain yang mirip dengan kakaknya, Redmi 5 hadir dengan ukuran layar yang lebih mungil serta chipset yang lebih rendah. Xiaomi Redmi 5 hadir dengan panel layar berukuran 5.7 inci dengan resolusi HD+ (720x1440piksel) dan memiliki aspek rasio 18:9 layaknya ponsel kekinian. Dari sisi desain, perangkat ini mengadopsi struktur body unibody dengan sentuhan material metal hampir di setiap sudutnya.

Berbeda dengan pendahulunya, Redmi 5 tampil lebih ringan dengan bobot hanya 157 gram. Smartphone yang memiliki dimensi body 151.8 x 72.8 x 7.7 mm juga memiliki tampilan yang slim yang membuatnya cukup nyaman dalam genggaman. Bobot yang terbilag cukup ringan ini merupakan efek dari di pangkasnya kapasitas baterai yang ditanamkan. Jika Redmi 5 Plus hadir dengan baterai 4000 mAh, Redmi 5 hanya di bekali dengan baterai berkapasitas 3300 mAh.

Pada bagian depan, Redmi 5 juga menyematkan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel yang tak hanya bisa mengakomodasi pecinta selfie namun kamera depan yang tertanam memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi fullHD. Asiknya lagi, kamera depan yang tertanam juga sudah di dukungan lampu flash LED yang bisa membantu pengguna mengambil foto selfie pada kondisi minim cahaya.


Beralih ke bagian belakang terdapat kamera utama yang memiliki resolusi 12 megapiksel yang ditemani oleh lampu LED fash dan sensor sidik jari. Sensor kamera yang tertanam pada perangkat ini cukup menonjol yang membuatnya cukup rentan terhadap goresan. Untungnya, Xiaomi memberikan case pelindung secara cuma-cuma yang tak hanya melindungi sensor kamera dari goresan namun juga bisa melindungi perangkat ini dari benturan saat digunakan sehari-hari. Sementara pada bagian bawah terlihat ada dua lubang speaker yang menunjukkan bahwa Redmi 5 Plus punya dua speaker terpisah. Penempatan tombol volume rocker dan tombol power ada di sisi kanan, seperti halnya perangkat Xiaomi pada umumnya.

Dari sisi kinerja, Xiaomi Redmi 5 dibekali dengan chipset Snapdragon 450 yang memiliki kinerja yang tak jauh berbeda dengan Snapdragon 625. Menemani chipset yang tertanam Xiaomi menyematkan RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB.

Di kemas dengan OS Android 7.1.2 dengan kustom UIS MIUI 9.2, Redmi 5 hadir dengan kinerja yang cukup apik dengan skor benchmark Antutu yang mencapai skor 69976.

Tak berbeda dengan perangkat smartphone Xiaomi pada umumnya, Redmi 5 juga dibekali dengan fitur Mi Remote yang memberikan akses kepada pengguna untuk mengontrol perangkat elektronik seperti televisi, AC, Audio HiFi dan yang lainnya.

Penasaran dengan kinerja secara keseluruhan serta performa kamera yang dimilikinya, nantikan ulasan lengkapnya hanya di Tabloid PULSA.