pulsa-logo

Oppo, Meizu dan Xiaomi akan Adopsi Chipset Berteknologi AI Garapan MediaTek?


Nariswari

Jum'at, 16 Maret 2018 • 10:30

MediaTek, MediaTek Helio P60, Xiaomi, Meizu, Oppo


Ilustrasi Ponsel Meizu M6 (Sumber: PULSA)Ilustrasi Ponsel Meizu M6 (Sumber: PULSA)

Tepat pada tanggal 26 Februari lalu, MediaTek telah meluncurkan chipset terbarunya berjuluk Helio P60. Dari sekian banyak penigkatan kinerja di dalamnya, salah satu fitur yang paling menonjol adalah  hadirnya dukungan fitur Artificial Intelgence (AI). Banyak pihak yang kemudian penasaran, smartphone mana saja yang mulai “mengantre” untuk mendapatkan kesempatan merasakan performa Helio P60. Kabar terbaru menyebutkan bahwa 3 vendor smartphone yang berbasis di Tiongkok telah siap mengusung prosesor kelas menengah garapan vendor Taiwan tersebut.

Helio P60 yang baru diluncurkan oleh MediaTek yang dilengkapi dengan kemampuan AI akan  diadopsi oleh Oppo dan Meizu untuk model smartphone mereka yang akan datang. Kabar ini pertama kali diketahui dari sebuah pemberitaan di media Taiwan, TechNews.

Disebutkan bahwa  Oppo akan memperkenalkan seri R15 yang akan hadir dalam dua versi - yang didukung oleh Snapdragon 660 dan juga Helio P60.  Model ini akan menampilkan layar AMOLED berukuran 6.28 inci, dan kamera ganda di bagian belakangnya.

Sedangkan Meizu  menjadwalkan untuk meluncurkan seri smartphone E3 besutannya pada tanggal 21 Maret  2018. Menggunakan Helio P60, E3 juga akan menampilkan layar FHD + berukuran 5,99 inci dengan aspek rasio 18: 9 serta akan dijejali pula kamera ganda di bagian belakangnya.

Terakhir, Xiaomi juga kemungkinan akan bergabung dengan Oppo dan Meizu untuk menggunakan prosesor Helio P60.

Adapun MediaTek Helio P60 memiliki empat prosesor ARM Cortex-A73 2.0 GHz dan empat prosesor ARM Cortex-A53 2.0 GHz dalam konfigurasi octa core big.LITTLE. MediaTek telah mengklaim bahwa kombinasi dari penggunaan prosesor Cortex A73 dan A53 siap menghasilkan peningkatan kinerja hingga 70% dibandingkan  Helio P23 dan Helio P30. Selain itu, ia juga akan membuat kinerja GPU meningkat hingga sebesar 70%.

MediaTek Helio P60 SoC juga dirancang untuk menghadirkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) pada smartphone mid-range. Menyusul pengumuman dari MediaTek menyangkut vendor yang akan menggunakan  chip tersebut, Qualcomm dan HiSilicon juga ikut memperkenalkan pula solusi kecerdasan buatan pada prosesor kelas menengah buatannya.


Menurut Head of Wireless Communication Product Business Unit MediaTek, TL Lee, MediaTek telah  menjadwalkan untuk mulai mengirimkan secara massal seri Helio P60 pada bulan  April 2018. (Nariswari/Galing)

Sumber: Digitimes

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42