pulsa-logo

Ini Daftar Perangkat yang Mendukung Qualcomm Quick Charge 4.0+


Nariswari

Senin, 19 Maret 2018 • 10:05


Sumber: RazerZoneSumber: RazerZone

Sebagian besar smartphone yang diproduksi saat ini mendukung fitur pengisian daya super cepat atau Fast Charging, namun standarnya sangat bervariasi. Meskipun ada upaya yang sangat baik untuk mengembangkan standar terpadu untuk pengisian daya super cepat di perangkat smartphone, namun hal tersebut tentu akan memakan waktu lama untuk terwujud. Terlepas dari siapa atau pihak mana yang nantinya akan  mempromosikan dan mewujudkan gagasan tersebut.

Pada bulan November 2016, Qualcomm merilis teknologi pengisian cepat QC4.0 yang mendukung pengisian paralel ganda sehingga meningkatkan kecepatan pengisian sebesar 20% dan efisiensi pengisian daya sebesar 30%. Teknologi pengisian daya super cepat  tersebut diklaim  dapat mengisi 50% hanya dalam tempo 15 menit atau bahkan lebih cepat  lagi. Proses pengisian daya ini mendukung koneksi  USB Type-C, USB PD, Best Voltage Intelligent Negotiation Power Management Algorithm (INOV) (INOV), Accurate Voltage, Current and Temperature Measurements. Fitur pengisian daya QC4.0 tersebut  juga dibekali dengan charger, jalur data, dan perlindungan sistem.

Pada bulan Juni 2017, Qualcomm mengumumkan QC4.0 + terbaru. Di QC4.0+, Qualcomm menghadirkan berbagai  perbaikan di sini.  Mencakup IC manajemen daya ganda, keseimbangan termal yang cerdas, dan fitur keamanan yang lebih ditingkatkan. Adapun untuk prosesor Snapdragon 835 akan mengintegrasikan sepenuhnya fitur QC4.0 +.

Setelah menunggu cukup lama, Qualcomm akhirnya merilis pula daftar perangkat yang akan mendukung fitur  pengisian daya super cepat QC4.0 / 4.0 + di laman resminya.  Namun dari awal kemunculannya beberapa hari yang lalu, daftar tersebut hingga sekarang hanya mencantumkan “Razer Phone” sebagai smartphone yang mendukung fitur pengisian daya tersebut.

Sub-brand ZTE, Nubia secara yang secara terbuka menyatakan bahwa N17 akan jadi perangkat pertama dengan fitur pengisian daya super cepat  QC4.0 +  nyatanya justru tidak terdapat dalam daftar yang dikeluarkan tersebut.

Tak hanya Nubia N17, LG G7 yang kabarnya juga akan mendukung QC4.0 juga tidak dicantumkan dalam daftar yang sama.

Dalam daftar yang sama, Qualcomm juga mengungkap 14 perangkat yang mendukung pengisian daya super cepat QC3.0 dan sebanyak 6 perangkat  yang mendukung QC2.0s. (Nariswari/Galing)


Sumber: Qualcomm via GizChina