pulsa-logo

5 Smartphone Ini Sudah Edar di Pasaran


Deni Hardian

Selasa, 20 Maret 2018 • 07:29


Setelah vendor ponsel lokal membanjiri pasar dengan merilis smartphone barunya, kali ini giliran vendor global yang unjuk gigi di pasaran. Di mulai dari Samsung yang menghadirkan smartphone premium terbarunya di pasaran. Tak tanggung-tanggung, 2 seri smartphone premium yang juga menjadi smartphone flagship terbaru Samsung hadir di pasar dalam waktu yang bersamaan. Adalah Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang sebelumnya telah memulai debutnya di pasaran melalui pemesanan secara pre-order.

Selain dua smartphone premiumnya, Samsung juga mengedarkan smartphone tangguh kelas menengah bawahnya yang bertajuk Samsung Galaxy XCover 4. Meski terbilang telat di pasarkan, kehadiran smartphone ini cukup meramaikan pasar ponsel untuk kebutuhan outdoor di Indonesia. Sementara itu, Meizu, dan Nuu Mobile mulai meramaikan pasar dengan menghadirkan 1 smartphone andalan terbarunya yang bernama Meizu M6 dan Nuu M4X Lite. Uniknya kedua smartphone ini hadir dengan label harga yang serupa dengan fitur dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Apa saja yang ditawarkan masing-masing produk smartphone baru yang beredar? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Samsung Galaxy S9 Plus

Rp 12.999.000

Samsung Galaxy S9

Rp 11.499.000


Galaxy S9 dan S9+, masing-masing datang dengan layar 5.8 inci dan 6.2 inci berjenis Super AMOLED. Layar kedua smartphone ini sudah membawa resolusi 2960 x 1440 piksel. Layar Galaxy S9 dan S9+ juga terlihat lengkung di bagian depan dan belakangnya. Baik panel layar di bagian depan maupun di bagian belakang sudah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass. Selain itu, smartphone juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya Galaxy S9 dan S9+ memiliki kemampuan untuk tahan terhadap air dan debu.

Beralih ke sektor jeroan, seperti para pendahulunya, baik Galaxy S9 dan Galaxy S9+ akan diotaki dengan chipset Snapdragon 845 yang ditujukan untuk pasar Amerika Utara dan Tiongkok. Adapun untuk pasar di wilayah lain, termasuk Indonesia, keduanya ditawarkan dengan chipset Exynos 9810 di dalamnya. Selain itu, keduanya juga ditawarkan dengan memori internal bawaan sebesar 64 GB yang tentu masih bisa diperluas via kartu microSD. Masih dari jajaran spesifikasinya, Galaxy S9 akan ditopang dengan RAM 4GB dan baterai 3000 mAh. Untuk Galaxy S9+ akan membawa RAM lebih lega, yakni 6GB dengan baterai yan gsedikit lebih besar, 3500 mAh. Kedua smartphone ini telah disuntik teknologi Quick Charge 2.0 dan memiliki kemampuan wireless charging.

Hal menarik lain dari Galaxy S9 dan S9+, datang pula dari sektor alat pengabadi momen. Disebutkan Galaxy S9 dibekali dengan sensor Super Speed Dual Pixel 12MP AF dengan OIS (F1.5/F2.4) di bagian belakang dan sensor 8 MP AF (F1.7) di bagian depan. Sementara untuk Galaxy S9+ smartphone ini sudah dikemas dengan fitur dual-camera dengan Dual OIS, masing-masing untuk sendor Super Speed Dual Pixel 12MP AF (F1.5/F2.4) untuk wide-angle dan sensor 12MP AF (F2.4). Di bagian depan S9+ membawa serta serta sensor 8 MP AF (F1.7). Baik kamera depan maupun belakang kedua smartphone in telah dibekali LED flash. Selain itu, alat bidik Galaxy S9 dan Galaxy S9+ juga sudah mendukung rekam video 4K @60fps dan format HVEX terbaru. Tak ketinggalan, smartphone ini juga telah mendukung pengambilan video slow-motion dengan kualitas HD @960 fps.

Untuk memberikan pengalaman audio yang mumpuni, kedua smartphone  ini juga telah dijejali teknologi Dolby Atmos. Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan menjalankan Android 8.0 Oreo yang telah dipermanis dengan Grace UX di atasnya.

2. Meizu M6

Rp 1.899.000

Di banderol dengan harga yang cukup mahal, Meizu M6 hanya dibekali dengan spesifikasi serta fitur yang cukup biasa. Perangkat ini hadir dengan layar 5.2 inci beresolusi HD serta diotaki oleh prosesor octa-core MediaTek MT6750 berkecepatan 1.5 GHz. Selain itu, smartphone juga dibekali RAM 2GB dan fasilitas penyimpanan data 16GB. Di sektor fotografi, smartphone menyertakan sensor kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat dipermanis dengan Flyme 6.0 UI di atasnya. Adapun di sektor penyuplai daya, smartphone yang memiliki dimensi 148.2x72.8x8.3mm dan bobot 143 gram ini dibekali baterai 3070 mAh. Tidak ketinggalan, Meizu M6 juga sudah menancapkan sensor sidik jari di bagian depan yang berkemampuan meng-unlock smartphone dalam waktu 0,2 detik saja. Meizu M6 akan hadir dengan pilihan warna Moonlight Silver, Champagne Gold, Matte Black, dan Electric Light Blue.

3. Samsung Galaxy XCover 4

Rp 3.899.000

Samsung Galaxy Xcover 4 dibekali dengan sertfikasi  IP68 dan MIL-STD 810G. Hal ini menjamin smartphone akan tetap  “bertahan hidup” meski  terendam sampai dengan 1,5 meter hingga satu jam.  Xcover 4 juga dibekali dengan fitur perlindungan debu. Di sisi lain, MIL-STD 810G, adalah perlindungan yang jauh lebih serius. Adapun spesifikasi perangkat keras, Samsung Galaxy  Xcover 4 memiliki bentangan layar  LCD berukuran  4,99 inci dengan resolusi 720p. Untuk kinerjanya, smartphone ini mengandalka n  processor  Exynos 7570 SoC, dipasangkan dengan 2GB RAM dan penyimpanan memori internal 16GB  dan penyimpanannya dapat diperluas dengan hadirnya slot MicroSD.

Di sektor fotografi, smartphone ini dibekali dengan  kamera utama dengan resolusi 13MP dan kamera depan beresolusi  5MP. Untuk mendukung operasionalitas, smartphone berbobot 172 gram ini  dibekali dengan  baterai berkapasitas daya 2.800 mAh.

4. Nuu M4X Lite

Rp 1.899.000

Hadir dengan balutan material metal yang tertanam, M4X Lite juga hadir dengan panel layar IPS dengan dimensi hanya 5.0 inci dan memiliki resolusi HD. Smartphone dengan dukungan sistem operasi Android 7.0 Nougat ini hadir dengan dukungan prosesor quad-core 1.3 GHz dengan kombinasi RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB. Hadir pula slot kartu microSD yang bisa di maksimalkan pengguna hingga 128GB. Beralih ke fasilitas fotografi M4X Lite hadir dengan dukungan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel yang ditemani oleh lampu flash LED dual-tone. Kamera belakang yang tertanam ini juga dibekali fitur autofokus, panorama, Face Beauty, Live photo dan burst mode. Selain itu, kamera belakang yang tertanam juga sudah memiliki kemampuan untuk merekam video beresolusi full HD 1080p untuk kualitas video yang lebih maksimal. Sementara untuk aksi selfie telah tertanam kamera depan beresolusi 8 megapiksel yang juga ditambahkan lampu flash LED untuk memaksimalkan aksi selfinya.