pulsa-logo

Detail Huawei P20 Pro Terungkap, Usung Tiga Kamera Belakang Plus ROM 256GB


Nariswari

Selasa, 20 Maret 2018 • 16:03

Huawei P20 Pro, Spek Huawei P20 Pro, Bocoran Huawei P20 Pro


Sumber: GizmoChinaSumber: GizmoChina

Mungkin kini sudah saatnya kita bicara tentang revolusi kamera yang sesungguhnya. Bukan hanya menempatkan trend dual camera di smartphone generasi terbaru, namun kabarnya smartphone generasi terbaru Huawei yang dalam kurun waktu seminggu lagi akan dirilis kabarnya akan dibekali dengan tiga kamera sekaligus! Smartphone tersebut tidak lain adalah Huawei P20 Pro.

Apakah Anda ingat Nokia Lumia 1020? Yups, ponsel tersebut  terkenal di zamannya  karena memiliki kamera belakang dengan resolusi jumbo yakni  41MP. Huawei P20 Pro memiliki sensor kamera utama dengan resolusi 40MP. Lebih gilanya lagi, kamera ini tidak berdiri sendiri, melainkan  berdampingan dengan dua kamera utama lainnya yang masing-masing memiliki resolusi  kamera 8MP dan 20MP.Keren, bukan?

Berdasarkan rincian spesifikasi yang diperoleh dari Winfuture.de, Huawei P20 Pro akan dibekali dengan Triple Camera yang canggih. Lalu bagaimana cara kerja triple kamera di Huawei P20 Pro?

Huawei kembali mempercayakan sensor kamera pada ponselnya kepada Leica,  yang  disusun dalam mode kombinasi kamera ganda  40MP + 8MP. Sedangkan kamera ketiga  dengan resolusi 20 MP ditempatkan terpisah dan berdiri sendiri.

Huawei mengatakan bahwa kamera ponsel ini natinya akan dapat melakukan pembesaran objek hingga 5x melalui fitur yang disebut Hybrid Zoom. Sebenarnya, kamera 40MP utama yang dibekalkannya hanya memiliki 3x zoom. Namun ketika dikombinasikan dengan detail tambahan yang ditangkap oleh lensa Telefoto 8MP, maka kamera di smartphone ini bisa mencapai pembesaran hingga 5x zoom.

Lalu bagaimana dengan sensor 20MP yang berdiri sendiri? Cara kerjanya seperti apa?

Menurut informasi terbaru, kamera ketiga yang memiliki resolusi 20MP ini  adalah kamera monokrom yang biasanya merupakan “kamera kedua” di smartphone kekinian. 


Ketiga sensor di Huawei P20 Pro didukung oleh aperture dengan rentang antara f / 1.6 hingga f / 2.4.   Ponsel ini disebut juga akan menambahkan fitur baru bernama Light Fusion. Namun sayangnya, belum ada penjelasan tentang bagaimana Light Fusion tersebut  bekerja  di P20 Pro. Light Fusion diduga merupakan fitur fotografi dalam kondisi minim cahaya (remang) atau gelap.  Tidak usai di sini, P20 Pro akan dilengkapi pula dengan  sensor IR-RGB dan modul laser fokus pada kamera utamanya.

Sedangkan pada bagian depan, Huawei P20 Pro juga akan memakai kamera dengan resolusi 24MP seperti yang digunakan oleh Huawei P20. Sama dengan kamera belakang, Anda juga dapat mengabadikan gambar dengan menggunakan fitur Light Fusion.

Huawei P20 Pro akan hadir dengan layar OLED berukuran  6.1 inci dengan resolusi 2,240 x 1,080piksel  dan aspek rasio 19: 9. Smartphone ini akan mengangkat konsep bahasa  desain premium lengkap dengan layar poni di bagian atas seperti pada iPhone X yang akan berfungsi pula sebagai lokasi bagi deretan sensor, earpiece dan kamera depan. Berbeda dengan ponsel minim bezel lainnya, Huawei P20 Pro akan tetap mempertahankan bezel bagian bawahnya sebagai lokasi untuk menempatkan sensor pemindai sidik jari.

Untuk memperkuat ketahanannya, Huawei P20 Pro bakal mengantongi sertifikasi IP67 yang menjadikannya tahan dari air dan debu. Smartphone ini tergolong sangat tipis dengan ketebalan hanya  7.65mm dan berat 174g. Huawei agaknya memilih bahan kaca untuk casing bagian belakangnya.

Ikhwal kinerjanya, Huawei P20 Pro akan didukung oleh chipset  Kirin 970 yang memiliki dukungan NPU (Neural Processing Unit) untuk menangani tugas-tugas AI.

Smartphone yang menjalankan OS Android v8.0 Oreo ini dibekali dengan baterai berkapasitas daya 4,000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat Huawei SuperCharge.

Masuk ke sisi konektivitas, Huawei P20 Pro didukung oleh  WIFI gigabit, Bluetooth 4.2 (bukan versi terbaru  5.0), NFC, dan dukungan  28 band LTE. Sebagai pemimpin industri terkemuka jaringan telekomunikasi dunia, Huawei tentu tidak ingin kehilangan muka dengan menyematkan ragam fitur yang memungkinkan smartphone garapannya dapat bekerja di seluruh jaringan operator global.

Selain itu, P20 juga akan dilengkapi port USB-Type C 3.1. Agak disayangkan, P20 Pro rupanya memutuskan untuk meniadakan jack audio 3,5mm dengan mengikuti langkah iPhone.

Di wilayah Eropa, smartphone ini akan tersedia dengan opsi RAM 6GB/ 128GB.  Sedangkan untuk negara-negara lain akan mendapatkan varian  ROM yang lebih besar  yakni 256GB. 

Kabarnya, Huawei P20 Pro akan dipatok dengan banderol harga  € 899 (Rp15,3 jutaan) saat diluncurkan pada tanggal 27 Maret nanti di Paris - Perancis. (Nariswari/Galing)

Sumber: Twitter via GizmoChina