pulsa-logo

Terkecil di Dunia, Komputer ini Lebih Mini dari Sebutir Garam


Nariswari

Kamis, 22 Maret 2018 • 13:18

Komputer Mini, Komputer Sebesar Garam, Komputer Sebutir Garam


Sumber: IBMSumber: IBM

IBM belum lama ini telah mengumumkan inovasi terbaru mereka berupa sebuah unit komputer terkecil di dunia. Saking kecilnya, dimensi dari komputer ini bahkan lebih mini dari sebutir garam. Seberapa mungil? Ternyata komputer ini punnya dimensi 1x1mm!

Perangkat ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada Konferensi IBM Think! 2018 yang dimulai pada 19 Maret 2018 lalu.

Komputer super mini yang dikembangkan oleh IBM ini memiliki sekitar 1 juta transistor yang akan membutuhkan bantuan mikroskop untuk melihat komponen apa saja yang ada di dalamnya.

Meski terlihat futuristik dan canggih, nyatanya komputer  super mini IBM ini diproduksi dengan biaya produksi yang sangat murah kurang dari sepuluh sen dolar.

Komputer terkecil di dunia ini dilengkapi dengan chip x86. Mni koumpter ini sanggup memantau, menganalisis, berkomunikasi, dan bahkan mengolah data. Selain itu, komputer ini dilengkapi pula dengan SRAM untuk memori, dan sel foto-voltaic untuk pasokan dayanya. Tak hanya itu, perangkat ini juga mampu tersambung dengan jaringan data menggunakan LED dan photo detections.

Perangkat ini adalah bagian dari 5 proyek IMB Research 5 yang diumumkan di acara tersebut. Seperti namanya, proyek ini adalah tentang Riset IBM yang mengerjakan lima teknologi yang didasarkan pada pengembangan Artificial Intelligence (AI), blockchain, Crypto-anchor, enkripsi, dan Internet of Things (IoT).

Tujuan adanya Crypto-anchor di perangkat komputer sebenarnya adalah untuk membantu menghilangkan produk palsu yang tersebar luas secara global. Crypto-anchors dapat ditanamkan pada perangkat untuk membantu deteksi keaslian barang. Crypto-anchor yang diselipkan ini dianggap sangat aman  lantaran tidak dapat dikloning.


IBM akan membuat model komputer pertama dengan Crypto-anchor yang akan tersedia dalam 18 bulan ke depan. Perusahaan tersebut juga berencana untuk melempar produk tersebut ke pasaran global dalam lima tahun ke depan. (Nariswari/Galing)

Sumber: Mashable via HindustanTimes