pulsa-logo

Duh! Samsung Galaxy X Urung Dirilis Tahun ini


Nariswari

Kamis, 22 Maret 2018 • 15:10

Samsung, samsung Galaxy X


Sumber: Android HeadlinesSumber: Android Headlines

Sejak beberapa waktu yang lalu, Samsung dikabarkan akan segera meluncurkan smartphone dengan desain ekstrem yang dibekali dengan layar lentur/ fleksibel. Smartphone yang dinamakan Samsung Galaxy X tersebut sejauh ini belum banyak terdengar kapan akan dirilis oleh Samsung. Meskipun ada beberapa kabar yang menyebutkan bahwa Samsung saat ini tengah gencar melakukan serangkaian pengujian yang panjang terkait smartphone tersebut. Namun, sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung Galaxy X ternyata belum akan dirilis tahun ini.

Hal ini pertama kali diutarakan oleh Qualcomm yang mengklaim bahwa  Samsung Galaxy X tidak akan diluncurkan tahun ini. Keterangan ini diperoleh dari Salman Saeed yang menjabat sebagai Manajer Produk untuk Teknologi Display di Qualcomm yang  diwawancara oleh TechRadar tentang smartphone masa depan Samsung. Penting untuk dicatat bahwa kapan Samsung akan meluncurkan perangkat dimaksud memang tidak disebutkan, namun yang jelas ia belum akan diluncurkan pada tahun ini.

Saeed juga menambahkan bahwa Samsung kemungkinan akan membutuhkan waktu hingga beberapa tahun ke depan sebelum dapat memasarkan Galaxy X secara global. Menurutnya, Samsung membutuhkan waktu tunggu yang lebih lama untuk memastikan diri bahwa mereka benar-benar siap untuk memperkenalkan Samsung Galaxy X.

Lalu apa yang menjadikan Samsung membutuhkan waktu lebih lama untuk  meluncurkan Galaxy X?

Semua ini bermuara pada fakta bahwa komponen yang mendukung pikselitas di layar Galaxy X tidak cukup kuat untuk menahan pembengkokan yang sering. Sedangkan Galaxy X yang akan tercipta sebagai smartphone dengan desain layar bisa ditekuk karena menggunakan layar fleksibel, dibuat dengan berbagai komponen tertentu yang tidak rentan terhadap lentur yang berdampak pada visual layar.

Saeed menyatakan bahwa salah satu produsen smartphone saat ini memang sudah menggarap  jenis perangkat dengan layar fleksibel semacam ini, namun masih terbatas pada fleksibiltas layarnya.

Kabarnya, Samsung Galaxy X hingga saat ini masih dikembangkan di laboratorium perusahaan, namun Samsung masih menemukan  masalah dengan bagian-bagian di smartphone tersebut  yang menyebabkan kemunduran jadwal peluncurannya.


Terkait dengan penggunaan komponen prosesor Qualcomm yang akan dijalankan di Galaxy X, Saeed mengatakan bahwa Qualcomm memiliki teknologi yang cukup handal untuk  menangani persyaratan yang dibutuhkan di smartphone berlayar lengkung. Terlebih lagi, chipset Qualcomm memiliki  dukungan GPU yang handal untuk menangani kelola grafis di layar lipat dan layar lengkung. (Nariswari/Galing)

Sumber: TechRadar via AH