pulsa-logo

Xiaomi dan Huawei Tertarik Penambangan Mata Uang Digital?


Nariswari

Jum'at, 23 Maret 2018 • 10:12

Xiaomi, Huawei


Sumber: GizmoChinaSumber: GizmoChina

Di bulan Januari 2018 lalu, produsen smartphone Tiongkok, Sugar, mengumumkan penciptaan smartphone mereka yang dinamakan  Sugar S11 Blockchain Creation Edition. Ya, sesuai dengan namanya, smartphone ini adalah  perangkat canggih  untuk menambang dan  menyimpan cryptocurrency Ethereum Fog.  Langkah dari Sugar ini ternyata “menginspirasi” Huawei yang diam-diam   juga menggarap smartphone blockchain serupa dengan mengggandeng Sirin Labs.

Berdasarkan keterangan dari narasumber anonim di Huawei mengatakan bahwa perusahaan saat ini tengah dalam pembicaraan dengan Sirin Labs  untuk pengajuan lisensi sistem operasi terkini, SIRIN OS, untuk menjalankan aplikasi berbasis blockchain yang beriringan dengan OS Android.

Perwakilan dari kedua perusahaan telah mengonfirmasi bahwa mereka telah bertemu untuk bernegosiasi, namun keduanya masih enggan untuk menjabarkan lebih lanjut hasil pertemuan tersebut.

Pertemuaan antara kedua pihak telah berlangsung selama dua bulan terakhir dan grup obrolan Forum Sirin's Telegram telah memasang gambar pada bulan Februari dengan keterangan yang berbunyi:

"... ada kemungkinan kami  bekerja sama membawa teknologi blockchain ke produk massal dengan cara yang lebih aman.".

Perlu Anda ketahui, Sirin Labs saat ini juga sedang mengerjakan seri  smartphone terbarunya bernama Finney yang dinamakan dengan tokoh pelopor Bitcoin, Hal Finney. Adapun smartphone Sirin Finney ini akan memiliki  kemampuan untuk  menyimpan koin Bitcoin secara aman  dan dompet cryptocurrency, serta aplikasi berbasis blockchain.

Bukan hanya Huawei, Xiaomi rupanya juga memiliki ketertarikan yang sama pada tren baru tersebut, meski tentu dengan cara yang berbeda.


Salah satu aplikasi yang menarik yang dikembangkan dari blockhain adalah Cryptopets. Cryptopets adalah hewan peliharaan virtual yang mirip dengan Tamagotchi yang populer di tahun 90-an, tetapi Cryptopets  lebih canggih karena didasarkan pada blockchain.

Hewan peliharaan yang imut di Cryptopets dapat dibeli, dirawat, dibesarkan dan kemudian diperdagangkan untuk mendapatkan uang. Setiap hewan peliharaan yang dipelihara di Cryptopets  sangat unik. Setiap transaksi pembelian serta penjualan dicatat pada blockchain, meskipun transaksi mata uang digital tidak didukung di dalamnya.

Adapun game Cryptopets  pertama yang berhasil mendulang sukses ialah “Cryptokitties”  yang didasarkan pada teknologi blockchain Ethereum. Sementara Xiaomi dikatakan tengah menyiapkan game bernama “Cryptorabbit” yang mengangkat kelinci sebagai hewan peliharaan sekaligus maskot dari Xiaomi. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42