pulsa-logo

Ini Perbandingan Ongkos Produksi iPhone X vs Galaxy S9+


dian iskandar

Jum'at, 23 Maret 2018 • 11:10

Samsung,apple,iphone,Galaxy S9 vs iphone X,harga iphone X,galaxy,iphone resmi


ilustrasiilustrasi

Harga smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S9+ dan iPhone X masih terbilang mahal untuk sebagian kalangan. Tapi sebetulnya, jika dilihat dari ongkos produksi mereka, biaya yang dikeluarkan paling-paling hanya mencapai setengahnya atau bahkan kurang.

Ongkos produksi disini memang belum dihitung dengan biaya distribusi, pemasaran dan juga R&D berikut paten yang melekatnya. Tapi sekedar utuk mengetahui seberapa besar biaya pada komponen yang ada di smartphone tersebut, masih bisa dihitung secara kasar. Seperti halnya yang dilakukan oleh Techinsights.

Analisa dari Techinsights mengenai ongkos produksi dari Samsung Galaxy S9+, iPhone X, iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy S8+, bisa dilihat pada table di bawah ini;

TechinsightsTechinsights

Dari tabet tersebut diketahui, komponen paling mahal adalah layarb dan kamera. Menariknya, komponen kamera Samsung Galaxy S9+ ternyata lebih mahal ketimbang harga kamera iPhone X dengan 48 dolar AS vs 43 dolar AS. Tapi jika htung secara total, ongkos produksi iPhone X lebih mahal sedikit dibanding dengan Samsung Galaxy S9+, perbandingannya 389,5 dolar AS vs 379 dolar AS.

Komponen Layar AMOLED iPhone X juga lebih mahal sedikit yakni 77 dolar AS sedangkan Samsung Galaxy S9+ 72,50 dolar AS. Namun, untuk memori RAM, milik Samsung Galaxy S9+ yang menyandang LPDDR4X 6GB memang lebih mahal yani 39 dolar AS, sedangkan iPhone X dengan 3GB LPDDR4 harga komponennya hanya 25,50 dolar AS. Selebihnya Anda bisa lihat sendiri pada table perbandingan. (*)

Sumber; TechInsights

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42