pulsa-logo

Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus Siap Melenggang dengan Android Oreo


Nariswari

Senin, 26 Maret 2018 • 11:45

Samsung, Samsung Galaxy A6, Samsung Galaxy A6 Plus, Samsung Android Oreo, Ponsel Samsung dengan Android Oreo


Ilustrasi Ponsel Samsung (Sumber: GizmoChina)Ilustrasi Ponsel Samsung (Sumber: GizmoChina)

Sebuah bocoran informasi terbaru yang diperoleh dari sertifikasi Wi-Fi Alliance beberapa hari yang lalu, tampaknya mengisyaratkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan smartphone kelas menengah terbaru yang dipersiapkan untuk memulai debutnya di tahun ini. Smartphone yang dimaksud tidak lain ialah Galaxy A6.

Belum lama ini telah muncul bocoran dua varian smartphoneSamsung di Geekbench. Nah smartphone tersebut rupanya telah mengantongi sertifikasi dari Wi-Fi Alliance dengan nama Galaxy A6. Sertifikasi resmi ini menegaskan keberadaannya dan mengisyaratkan bahwa smartphone tersebut akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Sayangnya, Wi-Fi Alliance tidak mengungkap secara jelas detail spesifikasi dari perangkat yang akan hadir tersebut. Meski begitu, Samsung Galaxy A6 rupanya akan memiliki nomor model “SM-A600FN”.

Menurut Wi-Fi Alliance, Samsung Galaxy A6 akan menjalankan OS Android v8.0 Oreo. Namun berdasarkan informasi dari Geekbench justru menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan. Kabarnya, Samsung Galaxy A6  akan dibekali dengan spesifikasi yang lebih rendah dibanding Galaxy A5 (2017). Agak ganjil bukan? Karena biasanya penamaan dari sebuah perangkat terbaru berbanding lurus dengan upaya vendor untuk menghadirkan spesifikasi yang lebih disempurnakan atau lebih tinggi.

Galaxy A6 disebut-sebut akan menggunakan prosesor octa-core Samsung Exynos 7870 yang sebelumnya telah diadopsi oleh Galaxy A3 (2017) dan sejumlah smartphone dengan seri Galaxy J. Exynos 7870 sendiri adalah chipset delapan CPU Cortex-A53 yang ditemani oleh GPU Mali T830 MP1. Penggunaan prosesor ini dipadankan dengan RAM 2GB. Sedang penyimpanan memori internal dari sang perangkat masih belum diketahui besarannya.

Dari data Geekbench yang terungkap, Galaxy A6 mencetak  skor 723 poin untuk tes single-core dan 3605 poin untuk pengujian multi-core. Selain itu, Samsung diperkirakan akan menggarap pula versi “Plus” dari perangkat ini.

Galaxy A6 Plus sebelumnya telah bocor pula di Geekbench dengan nomor model “SM-A605G”.


Berbeda dari versi standarnya, Galaxy A6 Plus  akan mengusung prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM 4GB. Meski datang dengan embel-embel Plus, nyatanya skor Geekbench yang diukir bahkan lebih rendah dibanding Galaxy A6. Tes single core dari Galaxy A6 Plus hanya memperoleh skor 739, sementara tes multi core memperoleh hasil sebesar 3469. (Nariswari/Galing)

Sumber: Wi-FiAlliance via GizmoChina