pulsa-logo

Gawat! Facebook Diam-Diam Kumpulkan SMS dan Riwayat Panggilan Telepon Pengguna Android


Galing

Senin, 26 Maret 2018 • 14:03

Skandal Facebook, Facebook kumpulkan data Pribadi, Facebook intip SMS


Data Facebook untuk iOS Tidak Ikut Terpengaruh (Sumber: Pribadi)Data Facebook untuk iOS Tidak Ikut Terpengaruh (Sumber: Pribadi)

Facebook diam-diam ternyata telah menghimpun isi SMS, kontak hingga data riwayat panggilan telepon yang dilakukan oleh pengguna smartphone Android. Sejumlah pengguna Facebook bahkan telah menumpahkan kekesalan mereka di Twitter terkait hal ini. Terungkapnya skandal ini sebetulnya bermula dari terbongkarnya pencurian data pribadi oleh sebuah lembaga swasta di Inggris bernama Cambridge Analytica. Lembaga riset tersebut dituding telah membobol data pribadi lebih dari 50 juta pengguna Facebook.

Skandal pencurian data pribadi ini sebagaimana yang PULSA lansir dari TheVerge memungkinkan Cambridge Analytica untuk mengunduh seluruh data yang tersimpan pada akun Facebook pengguna yang akan diintai. Seorang pengguna Twitter bernama Mat Johnson mengungkapkan bahwa ia melihat seluruh data riwayat panggilan telepon berserta isi SMS yang pernah ia lakukan sebelumnya ada di dalam akun Facebook miliknya.

Nah buat pengguna yang penasaran dengan data pribadi apa saja yang telah 'dikumpulkan' oleh raksasa jejaring sosial dunia tersebut, mereka dapat mengikuti langkah sederhana sebagai berikut:

1. Silakan akses tautan berikut: http://facebook.com/settings

2. Klik 'Download c copy of you Facebook data' atau 'Unduh Salinan Data Facebook Anda'.

3. Berikan konfirmasi bahwa Anda memang ingin mendapatkan data tersebut dengan menekan tombol 'start archive' atau 'mulai arsip saya'.

4. Selanjutnya, Facebook akan mulai mengarsip seluruh data Anda serta mengirimkan pada alamat email saat Anda mendaftarkan akun Facebook dulu.


5. Buka tautan yang Anda terima pada email dan unduh data dimaksud.

6. Ekstrak menggunakan 7ZIP atau WinRAR.

7. Buka 'html/index.htm'

Nah begitu Anda melakukan langkah ketujuh, maka Anda akan melihat data apa saja yang berada pada akun Facebook Anda. Adapun data pribadi pengguna yang dihimpun biasanya meliputi data yang sama dengan yang ada di Facebook pengguna ditambah dengan info kontak serta pesan. Nah, pada kedua menu inilah Anda dapat melihat riwayat panggilan, kontak serta isi SMS apa saja yang ada di smartphone Android yang Anda gunakan.

Namun perlu Anda ketahui, tindakan lancang Facebook menyimpan data pribadi Anda tersebut hanya berlaku pada pengguna smartphone yang menjalankan sistem operasi Android. Sementara, Anda yang menggunakan perangkat dengan platform iOS dipastikan aman dari hal tersebut. Hal ini dikarenakan Apple dari dulu memang tidak pernah mengizinkan adanya pengumpulan data kontak dan SMS pada iPhone oleh pihak ketiga termasuk diantaranya ialah Facebook. (Galing)

Sumber: 1, 2

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42