pulsa-logo

Apple Dikabarkan akan Merilis iPhone Layar Lipat di Tahun 2020


Nariswari

Senin, 26 Maret 2018 • 16:16

iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, Apple, iOS


iPhone 8 Plus (Sumber: PULSA)iPhone 8 Plus (Sumber: PULSA)

Belakangan ini sejumlah vendor smartphone global mulai tertarik untuk mengembangkan perangkat generasi terbarunya dengan desain layar yang bisa dilipat. Jika Anda ingat, LG dan Samsung tengah berlomba-lomba mengembangkan smartphone dengan layar dapat dilipat. LG patenkan konsep smartphone lipat. Tak main-main, LG langsung ajukan paten dua smartphone fleksibel yang dapat dilipat. Sedangkan Samsung mengembangkan smartphone dengan desain layar bisa dilipat, yang nantinya akan dinamakan Samsung Galaxy X. Sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple  kini juga ikut mengikuti jejak kedua perusahaan tersebut dengan menggarap smartphone dengan layar serupa.

Apple kini dilaporkan berencana untuk meluncurkan model iPhone lipat pertamanya pada tahun 2020. Ini sejalan dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan tentang terjalinnya kemitraan erat antara Apple dan LG Display untuk menggarap iPhone dengan layar yang dapat dilipat. Desain baru ini diharapkan dapat menawarkan iPhone anyar yang dapat diubah menjadi tablet alias hybrid.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari CNBC, produsen perangkat elektronik Amerika Serikat tersebut memang tengah berupaya menjalin kemitraan bersama beberapa perusahaan yang berada di kawasan Asia untuk mempersiapkan penggarapan iPhone berdesain lipat pada tahun 2020.

Seorang analis bisnis bernama  Wamsi Mohan menyebutkan bahwa model iPhone generasi mendatang berpotensi kuat akan lahir dengan desain “tablet”. Beliau secara khusus mengatakan bahwa prediksi tersebut didasarkan pada hasil pertemuannya dengan beberapa mitra rantai pasokan Apple di kawasan Asia.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya ketika Apple menjadi “ berita utama” sebagai vendor yang ikut trend menggarap smartphone  berdesain layar lipat. Pada akhir 2017 lalu, Apple dikabarkan bermitra dengan LG Display. Di saat itulah mulai berkembang rumor yang menyebutkan bahwa LG Display-lah yang akan dipercaya oleh Apple untuk mengembangkan dan memasok komponen panel lipat OLED untuk model iPhone generasi mendatang yang direncanakan siap memulai debut di tahun 2020. Tak hanya itu, LG Innotek (anak perusahaan LG)  juga kabarnya bekerja sama dengan insinyur Apple untuk membuat papan sirkuit cetak fleksibel alias RF PCB untuk iPhone model layar dilipat.

Tak hanya itu, pada bulan November lalu beredar bocoran informasi  aplikasi paten  yang diajukan Apple ke USPTO sejak  tahun 2014. Dalam dokumen USPTO tersebut ditunjukkan sejumlah diagram desain iPhone lipat yang diajukan patennya oleh Apple. Diterangkan pula bahwa perangkat berdesain layar lipat tersebut akan memiliki bagian fleksibel yang memungkinkan perangkat untuk dilipat. Perangkat  tersebut juga akan dibekali dengan  layar berjenis fleksibel. Layar fleksibel tersebut kemungkinan akan memiliki bagian lentur yang memungkinkan layar untuk bisa dibengkokkan ketika perangkat dilipat. (Nariswari/Galing)

Sumber: CNBC via NDTV

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42