pulsa-logo

SmartThinQ, Cara LG Beri Kenyamanan Lebih Pada Perempuan Modern


Deni Hardian

Rabu, 28 Maret 2018 • 16:46

smarthinq,ekosistem,smartphone,perangkat elektronik,wifi,perempuan,ibu rumah tangga,modern


Potret perempuan dalam gaya hidup modern memiliki sisi unik tersendiri. Tuntutan tingginya mobilitas keseharian, mesti bersanding dengan tetap memikirkan berbagai kegiatan di rumah sebagai bagian dari perhatiannya pada keluarga. Memastikan persediaan gizi tercukupi, ketersediaan pakaian bersih atau pun kegiatan lainnya yang memberikan kenyamanan pada tiap anggota keluarga di rumah.

Hal inilah yang kemudian mendorong LG berinovasi pada perangkat elektronik rumah tangganya dengan memperkenalkan teknologi SmartThinQ™. Berbasis keterhubungan perangkat dengan wifi, teknologi SmartThinQ™ memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai perintah pengaturan perangkat elektronik dari jarak jauh.  “Memberi kemudahan pengaturan perangkat elektronik setiap saat dan pada setiap tempat merupakan bagian penghargaan LG pada sisi unik perempuan dalam gaya hidup modern,” ujar Winardi Cristian, Team Head Product Marketing Home Appliance LG Electronics Indonesia

Mengandalkan keterhubungan antar perangkat elektronik rumah tangga dalam jaringan wifi, tak susah untuk memanfaatkan teknologi SmartThinQ™ ini. Selain perangkat elektronik LG berteknologi SmartThinQ™, penggunanya cukup menyiapkan wifi router sebagai pusat keterhubungan. Bila ini telah dipenuhi, yang perlu dilakukan mengunduh aplikasi SmartThinQ™ ini pada smartphone, baik berbasis Android maupun iOS.

Setidaknya teknologi SmartThinQ™ ini hadir dalam tiga kategori perangkat. Yaitu kulkas, mesin cuci dan AC (air conditioner). Tak susah pula untuk mengenali perangkat elektronik LG yang mendukung teknologi SmartThinQ™. Logo vektor berbentuk menyerupai rumah dengan tulisan SmartThinQ™ pada salah satu sisinya.

Aplikasi teknologi SmartThinQ™ pada kulkas memberi penggunanya kendali jarak jauh pada lima fungsi. Untuk kendali suhu, disamping pengaturan tinggi rendah temperatur di kabin bawah maupun freezer, pengguna juga dapat mengaktifkan Express Freezing. Mengaktifkan fitur pendinginan cepat ini berguna memastikan makanan maupun minuman siap dengan kesegarannya untuk dinikmati setibanya di rumah. Pada saat kulkas penuh muatan, kendali jarak jauh fitur Hygiene Fresh yang berupa 5 lapisan filter dapat dilakukan memastikan bau antar makanan tak tercampur dan menghilangkan keberadaan bakteri.

Disamping fungsi tadi, SmartThinQ™ pada kulkas LG pun berguna untuk memonitor perawatan dan gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada kulkas penggunanya. Adanya fungsi Push Alarms bakal membuat kulkas akan mengirim pesan pada smartphone ketika beberapa kondisi terjadi. Termasuk di dalamnya saat pintu kulkas tak tertutup baik, waktu penggantian filter maupun konfirmasi ketika fungsi seperti Express Freezing maupun Hygiene Fresh selesai dilakukan. “Tak berada di rumah tak lagi berarti kehilangan kendali memantau berbagai fungsi kulkas untuk memastikan kenyamanan penggunaan tetap dalam level tinggi,” ujar Winardi Cristian. Sementara pada bagian perbaikan, kelengkapan fungsi Smart Diagnosis pada aplikasi yang tertanam dalam smartphone bakal memberikan pemberitahuan mengenai penyebab kegagalan fungsi kulkas berikut tips perbaikannya. Hal ini memangkas kebutuhan waktu dan biaya yang bakal muncul untuk kehadiran teknisi dari layanan pengguna resmi.


Sementara pada mesin cuci, keberadaan teknologi SmartThinQ™ pun memberikan kemudahan dalam cara yang unik. Pasalnya, pengguna dapat memberi perintah memulai pencucian berikut dengan pilihan siklus cucinya hanya melalui smartphone.

Hal ini memungkinkan penggunanya melakukan persiapan pencucian hingga menaruh pakaian kotor pada tabung mesin cuci sebelum keluar rumah, untuk kemudian perintah pencucian dilakukan jarak jauh melalui smartphonenya. “Tak ada waktu terbuang. Dengan pertimbangan waktu tempuh perjalanan, seluruh proses pencucian dapat selesai setibanya pengguna di rumah,” ujar Winardi Cristian. Lebih lanjut ia menyatakan, sama halnya dengan kulkas, mesin cuci LG dengan SmartThinQ™ pun dilengkapi dengan Smart Diagnosis.

Pada kategori AC, teknologi SmartThinQ™ memberi penggunanya kendali jarak jauh untuk seluruh perangkat air conditioner LG yang mendukung di tiap ruang dalam rumah. Mulai dari mengaktifkan maupun mematikan, pendinginan cepat, memastikan pengaturan suhu tiap ruang sesuai kebutuhan, hingga mengaktifkan fitur khusus penyertanya seperti fitur pendukung kesehatan.

Faktor lain yang membuatnya menarik, pengguna dapat memilih pembatasan keterhubungan perangkat. Hal  ini memungkinkan kendali jarak jauh dilakukan dari beberapa smartphone anggota keluarga, maupun pembatasan perangkat AC yang dapat dikendalikan dari sebuah smartphone tertentu. Meski saat ini hadir dalam tiga kategori perangkat elektroniknya, LG menyatakan bakal memperluas keberadaan teknologi SmartThinQ™ ini pada kategori lainnya. “Ini merupakan awal dari hadirnya rumah pintar di Indonesia. Ke depan, kami akan memperluas inovasi dengan keterhubungan antar perangkat elektronik untuk semakin dapat menjawab lengkap uniknya kebutuhan gaya hidup perempuan modern,” ujar Winardi Cristian lagi

Sumber: Press Release