pulsa-logo

Xiaomi Siapkan Smartphone dengan Sensor Sidik Jari di Layar


Nariswari

Kamis, 29 Maret 2018 • 11:42

Xiaomi, Xiaomi Mi 7, Xiaomi Mi 6, Rumor Xiaomi, Under Display Fingerprint Sensor, In-Display Fingerprint Sensor, Xiaomi Under Display Fingerprint Sensor, Xiaomi In-Display Fingerprint Sensor


Xiaomi Mi Mix 2 (Sumber: PULSA)Xiaomi Mi Mix 2 (Sumber: PULSA)

Xiaomi terus berupaya mengembangkan produknya untuk menciptakan smartphone unggulan dengan berbagai fitur terkini yang kemungkinan akan dirilis di masa depan. Selain desain layar penuh, produsen smartphone Tiongkok tersebut disebut-sebut juga tengah mengembangkan fitur lain seperti penggunaan sensor sidik jari di bawah layar.

Perlu Anda ketahui, hingga saat ini teknologi pemindaian sidik jari bawah layar baru diadopsi oleh Vivo melalui smartphone unggulannya Vivo X20 Plus UD (Under Display) dan Vivo X21 UD. Fitur ini pada ponsel Vivo dikembangkan oleh Synaptics.

Tidak cuma Vivo, teknologi pemindai sidik jari bawah layar didiga juga tengah digarap oleh Huawei dan Samsung. Desas-desus yang muncul menyebutkan bahwa smartphone penerus Huawei Mate 10 dan Samsung Galaxy Note 9 akan menampilkan sensor tersebut.

Selain kedua smartphone papan atas tersebut, Xiaomi juga tak mau ketinggalan langkah. Sayangnya masih diragukan apakah pemindai sidik jari tersebut akan dibenamkan di  Xiaomi Mi 7. Dugaan ini timbul lantaran adanya penundaan tanggal rilis dari sang smartphone yang dicurigai ada kaitannya dengan sensor sidik jari.

Xiaomi menurut informasi yang beredar berniat hendak menyematkan sensor sidik jari ke layar sang perangkat. Tentu ini bukankah merupakan tugas yang mudah. Terlebih lagi teknologi dimaksud akan jadi yang pertama bagi Xiaomi.

Seperti dilansir oleh XDA Developers, Mi 7 saat ini memiliki dua cabang firmware yang dijuluki “dipper” dan “ dipperold”. Namun begitu cabang dengan nama “dipperold” tampaknya telah dibatalkan. Dari beberapa kode pada firmware ini, ditemukan bahwa firmware  “dipperold” yang dibatalkan akan dibekali dengan dua sensor sidik jari yang bersumber dari Synaptics dan Goodix.

Sensor Goodix diberi nama "goodix_fod" di mana "fod" mungkin berarti "sidik jari pada layar." Jadi kemungkinan, Xiaomi mengalami beberapa kendala dalam pengembangan sensor sidik jari di bawah layar . Pembatalan ini jadi isyarat kuat bahwa Mi 7 nantinya hanya akan mengusung sidik jari yang diletakkan di punggung sang perangkat.  


Sebuah informasi yang berasal dari laman MIUIKeyguard yang merupakan aplikasi yang bertanggung jawab untuk layar kunci di perangkat Xiaomi mencantumkan kode "Gxzw" yang besar kemungkinan merujuk pada kedua pemindai sidik jari sebagaimana tercantum dalam firmware “dipperold”. Adapun "Gxzw" mengacu pada jenis sensor sidik jari tertentu.

Ringkasnya, Xiaomi saat ini memang tengah melakukan pengujian sensor sidik jari di layar pada Mi 7, meski dari sisi realisasinya masih menemui kendala di sana-sini. Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya dalam beberapa pekan mendatang. (Nariswari/Galing)

Sumber: XDA via GizChina

    2018-12-12 14:37:20


    PULSA EDITORS' CHOICE 2018