pulsa-logo

DxO Mark: Kamera Huawei P20 Pro Lebih Baik dari Samsung Galaxy S9 Plus


Galing

Kamis, 29 Maret 2018 • 14:49

Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy S9 Plus, DxO Mark, Samsung Galaxy S9 Plus vs Huawei P20 Pro


Skor Kamera Huawei P20 Pro (Sumber: DxO Mark)Skor Kamera Huawei P20 Pro (Sumber: DxO Mark)

Terbitnya sertifikat TKDN dari Huawei P20 Pro menjadi isyarat kuat bagi sang vendor bahwa mereka akan segera memboyong smartphone kamera tersebut ke pasar domestik. Ponsel dengan tiga kamera tersebut digadang-gadang bakal hadir menantang kehebatan kualitas fotografi dari jagoan Korea Selatan, Samsung Galaxy S9 Plus.

Di Eropa, Huawei P20 Pro dipasarkan dengan harga jual 899 Euro atau kurang lebih Rp15 jutaan. Sementara Galaxy S9 Plus dijual di tanah air dengan harga resmi Rp12,5 juta dan 14 jutaan tergantung pada pilihan penyimpanan internal yang digunakan. Dengan adanya perbedaan harga yang cukup jauh ini tentu menimbulkan pertanyaan tentang sejauh mana kualitas ponsel dari pabrikan Tiongkok ini jika dibandingkan dengan smartphone besutan negeri ginseng.

Guna menjawab itu semua, DxO Mark mencoba menilai kualitas kamera dari kedua ponsel jagoan tersebut. Buat Anda yang belum tahu, DxO Mark sendiri merupakan laman web pemeringkat kualitas gambar dan video dari kamera, lensa dan smartphone yang ada di pasaran. Lembaga yang sebelumnya lebih banyak bergelut pada upaya memberikan penilaian atas kualitas dari kamera DSLR ini sekarang ikut memberikan ulasan detailnya atas kualitas kamera dari smartphone.

Skor Kamera Samsung Galaxy S9 Plus (Sumber: DxO Mark)Skor Kamera Samsung Galaxy S9 Plus (Sumber: DxO Mark)

Sebagaimana PULSA lansir dari laman web resminya, DxO Mark mengganjar Huawei P20 Pro dengan nilai 109. Nilai ini jauh meninggalkan Samsung Galaxy S9 Plus yang hanya sanggup mencetak angka 99. Prestasi yang dicapai oleh Huawei ini diperoleh berkat angka performa sang perangkat saat digunakan untuk memotret gambar. P20 memperoleh angka 114, sementara Galaxy S9 Plus mendapatkan nilai 104.

Peroleh angka yang lebih tinggi pada P20 Pro ini dapat terjadi berkat penyematan lensa dengan ukuran besar yang ada pada kamera utama miliknya. Kombinasi antara lensa dimaksud dengan lensa monokrom dikatakan mampu menghasilkan foto dengan kualitas super pada kondisi cahaya minim. Selain itu, pada kondisi cahaya terang, foto miliknya memperlihatkan rentang nilai dinamik (dynamic range) yang berada di peringkat terbaik saat ini.

Terlebih lagi dengan keberadaan lensa telephoto dengan fokus 80mm sanggup pula memproduksi gambar dengan performa zoom terbaik yang pernah dilihat pada teknologi smartphone kamera di masa kini. Sementara efek bokeh dari P20 Pro juga ikut menduduki peringkat teratas semuanya berkat sensor monokrom yang dijejalkannya tersebut.


Dalam kondisi gelap sekalipun, kamera dari Huawei P20 Pro juga diklaim sanggup mengunci fokus objek dengan cepat sambil tetap memperlihatkan warna dengan kualitas yang setajam mungkin.

Sedangkan untuk kualitas perekaman video dari Huawei P20 Pro juga terukur cukup tinggi pada angka 98. Angka ini melampaui skor 91 yang dikumpulkan oleh Galaxy S9 Plus. Nah, Bagaimana? Apakah Anda kini tertarik untuk memiliki Huawei P20 Pro? Tunggu kabar selanjutnya dari kami. (Galing)

Sumber: 1, 2, 3