pulsa-logo

Ini Alasan di Balik Adopsi Layar Poni pada OnePlus 6


Nariswari

Minggu, 01 April 2018 • 19:52

OnePlus, OnePlus 6, Bocoran OnePlus 6, Spesifikasi OnePlus 6


Layar Poni OnePlus 6 (Sumber: Twitter OnePlus)Layar Poni OnePlus 6 (Sumber: Twitter OnePlus)

Desain layar poni yang pada mulanya digunakan oleh Essential Phone serta dipopulerkan oleh iPhone X tidak dimungkiri memang telah menjadi trend yang banyak diadopsi oleh berbagai produsen smartphone kenamaan. Selama ini banyak yang menilai bahwa kehadiran layar jenis ini pada smartphone OnePlus generasi mendatang memang sekadar mengekor trend terbaru.

Apalagi belum lama ini, sang CEO tampaknya terpaksa harus menghapus cuitan terbarunya yang secara tidak langsung menyiratkan soal bakal hadirnya layar poni pada OnePlus 6. Guna menjawab perdebatan sengit para penggemar OnePlus soal alasan di balik keputusan ini, OnePlus kemudian membagikan sebuah tulisan panjang pada forum resmi komunitas penggemar smartphone garapannya tersebut.

Paragraf pertama dari sang CEO, Pete Lau mengemukakan sebagai berikut, ”Saat ini, sebagian besar dari Anda menyadari bahwa perangkat generasi  berikutnya dari kami akan menampilkan desain bagian atas layar yang agak menjulur ke bawah yang lazim dikenali sebagai poni. Cuitan kami sebelumnya tentang hal ini memang telah memicu perdebatan sengit di internet. Oleh karena itu kami merasa perlu untuk menjelaskan alasan di balik keputusan ini kepada Anda semua.”

Pete Lau kemudian melanjutkan bahwa salah satu tantangan terbesar OnePlus  sebagai produsen ponsel pintar adalah memanfaatkan setiap inci dari perangkatnya. Pete Mengatakan bahwa meskipun memunculkan poni, namun OnePlus berjanji akan tetap memaksimalkan kualitas  layar yang digunakan.  Pete Lau juga menambahkan bahwa memindahkan kamera depan ke tempat lain di luar poni justru akan menyulitkan pengguna untuk membidik serta mengambil gambar dengan cepat. Langkah demikian dikhawatirkan juga akan mengurangi kecepatan dan keandalan dari fitur Face Unlock dari perangkat OnePlus.

Pilihan lain yang dipertimbangkan termasuk modul yang lebih kecil yang akan mengurangi kualitas. Ada pula desain kamera menyembul keluar yang masih dalam masa pengembangan serta belum bisa memberikan jaminan dari sisi daya tahan serta keawetannya dalam jangka panjang. (Nariswari/Galing)

Sumber: OnePlus via GizmoChina