pulsa-logo

Ukur Denyut Jantung Pengguna Tanpa Kontak Fisik, Begini Solusi dari MediaTek


Nariswari

Senin, 02 April 2018 • 10:56

MediaTek, MediaTek Helio P10, MediaTek Helio X20


Everyday Genius (Sumber: GizmoChina)Everyday Genius (Sumber: GizmoChina)

Everyday Genius adalah program yang digagas oleh MediaTek untuk mendorong siapapun untuk memecahkan masalah menggunakan teknologi  yang dikembangkan atau diciptakan oleh sang pabrikan. Setelah ada penemuan atau teknologi yang lahir dari program ini, MediaTek menerbitkan kisah-kisah mereka yang telah berhasil dalam jurnal mereka.

Penemuan terbaru dari program ini adalah team yang terdiri dari dua orang yang menemukan cara untuk mengukur detak jantung tanpa perlu menyentuh pasien. Team yang beranggotakan  Yu-Ting Chen dan Tung-Chien Chen yang keduanya bekerja untuk MediaTek mengembangkan prosedur menggunakan ponsel cerdas yang didukung oleh  processor Helio P10 dan Helio X20 besutan  MediaTek.

Cara umum untuk merekam detak jantung seseorang adalah dengan merasakan denyut nadi dan ini mengharuskan Anda untuk menyentuh atau kontak fisik dengan si inpidu. Nah, Yu-Ting Chen dan Tung-Chien Chen menemukan alternatif pengukuran detak jantung  tanpa sama sekali menyentuh tubuh pasien. Lalu dengan cara apa?  Mereka mengukur  detak jantung dengan menggunakan kamera ponsel pintar.

Menurut temuan mereka, ketika jantung berdetak dan memompa darah, kulit Anda sedikit memerah. Menggunakan kamera ponsel yang didukung oleh Helio P10 atau Helio X20, perubahan  yang sangat kecil dalam warna kulit ini dapat direkam berkat teknologi pemrosesan visual MediaTek. Data yang direkam kemudian diterjemahkan dengan aplikasi pemrosesan visual yang memberikan hasil  secara akurat (denyut jantung) hanya dalam beberapa detik.

Meskipun teknologi ini patut dihargai, namun banyak yang beranggapan bahwa inovasi ini tidak akurat dan tidak sempurna. Perubahan warna kulit mendadak dengan mudah terlihat pada orang dengan kadar melanin rendah. Jadi, untuk orang berkulit gelap, besar kemungkinan  hasil penemuan  ini  tidak akan berfungsi sama sekali.

Namun demikian, teknologi ini sangat berguna dengan perkembangan terbaru dalam diagnostik jarak jauh. Inovasi ini juga bisa digunakan sebagai alternatif pada saat peralatan untuk pemantauan kesehatan tidak tersedia. (Nariswari/Galing)

Sumber: EverydayGenius via GizmoChina