pulsa-logo

Ini Dia Chipset Pertama Qualcomm Snapdragon Seri 700


Fauzi

Rabu, 04 April 2018 • 09:25

Qualcomm Snapdragon 700


Ilustrasi, Image: Qualcomm via GizmochinaIlustrasi, Image: Qualcomm via Gizmochina

Selain seri 400, 600, dan 800, Qualcomm diketahui telah mengungkap prosesor terbaru, yakni Snapdragon 700.

Prosesor seri terbaru ini, disebut akan memiliki kemampuan untuk menyokong kinerja perangkat AI berkat AI Engine miliki Qualcomm yang telah disuntikkan perusahaan chipset mobile papan atas itu. Tidak hanya itu saja, prosesor ini juga akan memberi peningkatan kinerja kamera, kinerja perangkat, dan konsumsi daya.

Soal kapan prosesor seri 700 bakal melenggang, Qualcomm memang pernah menyatakan bahwa sampel komersial pertama prosesor barunya itu akan dikapalkan pada paruh pertama tahun ini. Hanya saja, perusahaan belum mengungkap nama chipset dimaksud.

Berkaitan dengan nama chipset yang bakal digunakan, lewat sebuah cuitan pemilik Twitter @rquandt (Roland Quandt) telah membocorkannya. Dalam cuitannya, pemilik akun ini mengungkap Snapdragon 710 (SDM710) yang disebutnya sebagai System on Chip pertama Qualcomm seri 700.

Sayangnya, selain mengungkap nama, dalam cuitannya pemilik akun Roland Quandt tidak mengungkap konfigurasi dari system on chip terbaru Qualcomm tersebut. Kendati demikian, setidaknya dengan bocoran yang ada, kita bisa berharap setidaknya seri pertama Snapdragon 700 akan mulai melenggang tahun ini.

Secara detil, berikut ini keunggulan Snapdragon 700 Mobile Platform:

  • AI: Seri Snapdragon 700 akan hadir dengan multi-core Qualcomm AI Engine yang memberikan peningkatan 2x lebih tinggi untuk penggunaan AI langsung dari dalam perangkat (on-device) dibandingkan dengan Snapdragon 660 Mobile Platform. Melalui komputasi heterogeneous, arsitektur seri 700 yang baru - Hexagon Vector Processor, subsistem Adreno Visual Processing, dan CPU Kryo – bekerja secara kooperatif untuk merekam dan berbagi video dengan sangat mudah, mempelajari suara dan ucapan pengguna, membuat perangkat bertahan hanya dalam sekali pengisian daya dengan penggunaan normal (tanpa mengubah pengaturan ataupun aplikasi).
  • Kamera: Seri Snapdragon 700 akan memberikan performa tanpa batas dari Qualcomm Spectra ISP dan membuat pengguna semakin suka untuk mengabadikan setiap bagian dari pengalaman hidupnya, baik siang maupun malam, dalam slow-motion atau dengan bantuan AI. Seri ini juga menjanjikan banyak tambahan fitur kamera kelas profesional yang didukung dengan spesifikasi berkualitas tinggi.
  • Performa dan Baterai: Seri Snapdragron 700 akan memulai debut arsitektur baru di seluruh bagian platform mobile, termasuk Qualcomm Spectra ISP, Kryo CPU dan subsistem Adreno Visual Processing, yang akan menawarkan peningkatan hingga 30% pada efisiensi daya, kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik di berbagai skenario penggunaan dibandingkan dengan Snapdragon 660 Mobile Platform. Produk-produk dengan seri 700 juga akan mendapatkan keuntungan dari teknologi Qualcomm Quick Charge 4+, yang dibuat untuk mampu melakukan pengisian daya hingga 50% dalam waktu hanya 15 menit.
  • Konektivitas: Snapdragon 700 akan menampilkan rangkaian teknologi nirkabel mutakhir dengan LTE ultra cepat, fitur carrier Wi-Fi, serta peningkatan Bluetooth 5.


Sumber: 1, 2, 3