pulsa-logo

Google Garap Smart Display, Seperti Apa?


Nariswari

Rabu, 04 April 2018 • 10:45

Google, Android, Smart Display, Google Assistant, Virtual Assistant


Sumber: PhoneArenaSumber: PhoneArena

Jika kita membahas soal perangkat keras seperti misalnya smart speaker, ada beberapa perusahaan yang telah lama menggarap teknologi ini yakni  Amazon, Sony, dan Lenovo. Beberapa perusahaan tersebut juga mengembangkan asisten virtual  untuk menjalankan  perangkat keras tersebut seperti misalnya  Google Assistant yang kemudian  dijalankan di perangkat keras  Sony dan Lenovo. Kabar paling anyar bahkan menyebutkan bahwa Google saat ini tengah mengembangkan smart display.

Lalu apa yang dimaksud dengan Smart Display?

Secara singkat, Smart Display adalah speaker pintar yang dibekali dengan layar. Saat ini Google memang masih menyiapkan landasan dalam mengembangkan Smart Display, hal ini seperti disampaikan  oleh Rishi Chandra yang menjabat sebagai Vice President, Google. Menurut Rishi, Smart Display adalah teknologi dengan kategori baru.  Dia yakin bahwa  pasar smart speaker akan terus berkembang, dan  voice asisten akan memainkan peran penting dalam proses itu.

Google biasanya akan menyiapkan landasan pengerjaan dengan mengimplementasikan perangkat lunaknya ke dalam produk pihak ketiga untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan produk perangkat kerasnya sendiri.

Sistem operasi Android contohnya, ia hadir lebih dulu di HTC Dream sebelum Google membuat sendiri Google Nexus One. Demikian pula dengan Chrome OS yang merupakan sistem operasional berbasis web buatan Google yang ringan mula-mula berjalan pada perangkat besutan Samsung dan Acer, sebelum perusahaan itu membuat sendiri perangkat dengan Chrome OS.

Google boleh jadi akan memilih untuk mengikuti strategi pembuatan perangkat kerasnya ketika menggarap Smart Display. Artinya Anda mungkin tidak akan melihat komponen Smart Display bermerek “Google” dalam waktu dekat. Namun bisa jadi Smart Display akan digunakan oleh beberapa perusahaan lain terlebih dahulu. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3