pulsa-logo

Lebih Mahal, Apple Watch Bakal Gunakan Layar Jenis Baru?


Nariswari

Rabu, 04 April 2018 • 11:07

Apple, Apple Watch, Apple Watch Series 4


Apple Watch Series (Sumber: PhoneArena)Apple Watch Series (Sumber: PhoneArena)

Apple saat ini dikabarkan sedang sibuk menggarap komponen layar  MicroLED yang akan digunakan  untuk perangkat Apple Watch dan aksesoris AR generasi mendatang. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut telah bekerja dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk memproduksi panel MicroLED berukuran kecil yang akan digunakan di Apple Watch generasi mendatang dan produk-produk terkait AR besutan Apple. Besar kemungkinan produk yang dimaksud ialah  kacamata pintar berbasis AR.

Display MicroLED diproduksi dalam dua ukuran - 1,3 inci hingga 1,4 inci yang akan digunakan dalam model Apple Watch. Sedangkan untuk MicroLED berukuran  0,7  inci hingga 0,8 inci akan dipakai pada produk-produk berbasis AR. 

Produksi Apple Watch generasi mendatang yang menampilkan layar  MicroLED  dimulai pada awal tahun ini, namun belum ada informasi terkait jadwal untuk produksi  layar MicroLED yang lebih kecil.

MicroLED adalah teknologi  komponen layar masa depan dan dianggap sebagai peningkatan teknologi OLED yang telah banyak digunakan di smartphone kelas atas. Berbeda dari OLED, MicroLED menggunakan bahan yang berbeda dengan sudut pandang dan warna yang jauh lebih baik.

Namun perlu Anda ketahui bahwa  masih ada satu masalah besar yang harus ditangani terkait produksi MicroLED yakni  adalah biaya produksinya yang sangat mahal. Ongkos pembuatan panel MicroLED kabarnya membutuhkan biaya empat hingga enam kali lipat dari ongkos membuat panel OLED yang saat ini digunakan pada Apple Watch dan iPhone. Hal ini tentu akan berdampak pada  harga jual perangkat yang jadi sangat mahal.  Maka tidak heran, bila MicroLED kelak hanya akan dapat ditemui pada perangkat premium. (Nariswari/Galing)

Sumber: Digitimes via PhoneArena