pulsa-logo

8 Tahun Berkiprah, Ini Pencapaian dan Target Xiaomi Berikutnya


Nariswari

Kamis, 05 April 2018 • 13:27

Xiaomi


Xiaomi Redmi 5 Plus, Foto: PULSAXiaomi Redmi 5 Plus, Foto: PULSA

Dibandingkan dengan para pesaingnya di bisnis smartphone, seperti Apple, Samsung, atau Huawei, vendor asal Tiongkok, Xiaomi, tergolong masih sangat muda. Namun, untuk urusan popularitas, perusahaan ini tergolong cukup melesat.

Pun begitu, di usia perusahaan yang ke-8 pada tanggal 6 April 2018, Xiaomi masih menyimpan visi, misi dan target yang sangat besar yang akan mereka wujudkan di tahun mendatang. Seperti apa?

Belum lama ini  pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun mengirim email internal ke semua karyawan Xiaomi yang menandai hari jadi ke-8 yang akn jatuh di tanggal 6 April 2018.

Lei Jun mengekspresikan perasaan dan buah pikirannya ke dalam email yang dikirimnya. Dalam 8 tahun terakhir, popularitas Xiaomi terus melambung tinggi. Xiaomi telah berkembang dari hanya memiliki selusin pegawai, kini memiliki lebih dari  20.000 orang karyawan. Saat ini ada ratusan produk unggulan dan kekayaan intelektual layanan dan fitur yang dikembangkan oleh Xiaomi. Hal ini yang kemudian telah merevolusi wajah industri smartphone Tiongkok dan tentunya memberikan pengaruh dari kehidupan ratusan juta orang di seluruh dunia.

Lei Jun menekankan bahwa semua pencapaian Xiaomi yang terus meningkat ini harus dijadikan acuan dan dorongan Xiaomi untuk tetap maju dan berupaya  membuat produk yang lebih baik.

Pada konferensi pers di saat peluncuran smartphone Xiaomi MIX 2S, Lei Jun mengatakan bahwa setelah mengalami kuartal pertama yang berat di tahun 2017, Xiaomi berhasil memperoleh sukses pada kuartal ketiga. Hingga Oktober tahun lalu, pendapatan Xiaomi lebih dari 100 miliar Yuan. Pencapaian ini diraih hanya dalam beberapa tahun. Bandingkan dengan Google yang harus menghabiskan waktu untuk berjuang selama 9 tahun, atau  Apple yang menghabiskan 20 tahun untuk berada di titik mapan seperti sekarang ini.

Pada kuartal keempat 2017, pasar smartphone Xiaomi tumbuh sebesar 96,9% secara global, dan di pasar Tiongkok, meningkat sebesar 57,6%. Sedangkan untuk 2018, Xiaomi telah menetapkan target sebesar 100 juta Yuan. Diprediksi dengan animo pasar yang cukup besar pada jajaran produk Xiaomi yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga yang terjangkau, sepertinya target setinggi itu dapat tercapai. Selain, valuasi dari Xiaomi juga diprediksi bakal mencapai 100 miliar USD dalam waktu dekat. (Naris/Ozi)


Sumber: GizChina