pulsa-logo

Akali TKDN, Ijin Edar Infinix Zero 5 Dibekukan


Deni Hardian

Kamis, 05 April 2018 • 16:53


Infinix Zero 5Infinix Zero 5

Berdasarkan ketetapan pemerintah, smartphone 4G LTE yang beredar di Indonesia harus sudah memenuhi syarat 30% Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Komponen ini bisa berasal dari berbagai  sumber seperti pabrik perakitan, aksesoris, packaging hingga aplikasi lokal.

Sayangnya, ternyata masih banyak vendor smatphone "nakal" yang melakukan berbagaimacam cara untuk mengakali TKDN.

Berdasarkan informasi yang sampai ke meja redaksi PULSA, Kominfo melalui siaran pers NO.82/HM/KOMINFO/04/2018, mencabut ijin edar dari produk Infinix berkode model Infinix X-603-3G.

Pencabutan ijin peredaran smartphone yang merupakan Infinix Zero 5 ini sebagai upaya tindak lanjut Kominfo berdasar laporan masyarakat terkait penjualan perangkat pesawat telepon seluler merk Infinix tipe X603 di situs e-commerce milik Lazada Indonesia serta hasil klarifikasi dengan PT. Bejana Nusa Agung berdasarkan Berita Acara Klarifikasi Perdagangan Perangkat Telekomunikasi PT. Bejana Nusa Agung nomor 301/BA/KOMINFO/DJSDPPI.4/04/2018 tanggal 3 April 2018.

Dengan adanya pembekuan sertifikat tersebut, Infinix Mobility harus menarik produk tersebut dari pasaran dan melaporkan hasilnya ke Kominfo. 

Sumber: Kominfo