pulsa-logo

Berkenalan dengan Sharp Pi, Smartphone Dual-Camera di Bawah 2 Juta


Fauzi

Kamis, 05 April 2018 • 21:05

Review Sharp Pi


Image: PULSAImage: PULSA

Sebagai bukti keseriusannya dalam mengeksplor pasar smartphone Tanah Air, Sharp memboyong dua produk sekaligus, yakni Sharp R1s dan Pi pada awal Februari lalu. Seiring dengan itu, setelah mendapatkan unit dari salah satu smartphone itu, Sharp Pi, penulis ingin berbagi apa saja yang hal menarik yang bisa diulas dari smartphone ini. Jadi, simak saja icip-icip PULSA tentangnya berikut ini.

Desain

Dari sisi tampilan, Sharp Pi tergolong cukup mainstream dan nampak belum mengikuti smartphone kekinian, di mana tampil dengan bodi memanjang dengan layar berasio 18:9 dan memiliki area bezel tipis. Sharp Pi tentu tidak demikian, karena smartphone ini masih menawarkan layer dengan aspek rasio 16:9.

Hanya saja berkat kemasan bodi smartphone yang menggunakan bahan metal menjadikan terasa begitu solid ketika ketika digenggam. Terlebih smartphone ini diracik dengan dimensi bodi yang tergolong masih cukup kompak. Dengan lekukan bodi bagian belakang yang menumpul, smartphone pun terasa cukup ergonomis sehingga membuatnya terasa nyaman dipegang. Sementara penggunaan panel kaca lengkung 2.5D di area depan kian membuat smartphone nampak begitu elegan.

Soal tata letak komponen, kita akan melihat adanya sensor sidik jari tepat di bawah layar, sekaligus bisa menjadi tombol home. Kita juga bisa temui adanya tombol (volume dan power), slot kartu SIM dan microSD, port microUSB, serta jack audio berada di ruas sisi kanan, kiri, dan bawah. Di area belakang atas kiri, nampak terlihat dua sensor kamera yang disusun sejajar horizontal didampingi lampu flash.

Layar

Sharp Pi diracik dengan diagonal layar 5.2 inci beresolusi HD (720 x 1280 piksel) yang menawarkan kepadatan piksel hingga 282 ppi. Disokong oleh teknologi layar IPS, konten terpancar cukup baik dan masih dapat terlihat, bahkan bila dipandang pada sudut tertentu. Diketahui berdasarkan uji multi-touch, layar Sharp Pi memiliki kemampuan untuk bisa diakses hingga 10 titik secara bersamaan. Tak ayal pengalaman pengguna yang diatawarkan untuk berbagai aktivitas, seperti browsing, nonton video, atau bermain game pun menjadi cukup asyik.


OS  

Untuk system operasinya sendiri, Sharp Pi menjalankan Android 7.0 Nougat. Meski nampak hanya menyuguhkan Android 7.0 Nougat polosan alias tanpa embel-embel kustom, namun bila ditilik lebih seksama ternyata user interface yang ditawarkan oleh Sharp Pi sudah sedikit mengalami modifikasi. Hal itu terlihat dari tidak ditemukannya halaman laci aplikasi (app drawer). Sebagai gantinya, seluruh aplikasi sudah menempel di halaman home page. Hal ini membuat pengalaman pengguna yang ditawarkan menjadi sedikit lebih simpel.

Fingerprint Sensor

Tak ketinggalan, selain menyuguhkan fitur keamanan standar, seperti password, pattern, dan pin, smartphone ini juga sudah dibekali dengan sensor sidik jari (fingerprint) yang terletak di bagian depan tepat di bawah layar. Dengan fasilitas ini, selain satu tingkat lebih baik keamanannya, pengguna juga kian dimudahkan ketika ingin membuka layar, di mana cukup menempelkan sidik jari yang telah ditentukan sendiri.

Kamera

Ini merupakan salah satu fitur yang menonjol ri Sharp Pi, khususnya di alat bidik utama yang terletak di belakang. Diketahui, smartphone ini sudah mengemas fitur dua sensor kamera masing beresolusi 13 MP dan 2 MP dengan bukaan f/2.2 serta memiliki kemampuan autofocus dan LED flash. Berbekal fitur dual-camera, kita dimungkinan untuk mengambil foto dengan efek bokeh.

Ketika membuka aplikasi kamera, kita akan menemui fasilitas yang tersedia, seperti di sisi kiri di mana akan ditemui sejumlah mode (normal, beauty, bokeh, dan panoramic). Adapun di sisi kanan, akan terdapat akses cepat ke gallery, tombol shutter dan tombol switch ke video, dan tombol setting.

Selain kamera belakang, untuk mengakomodasi pengguna yang suka selfie, Sharp Pi dibekali sensor kamera depan beresolusi 8 MP.

Jeroan

Untuk mendukung kinerjanya, Sharp Pi disokong oleh prosesor MediaTek MT6737M yang memiliki konfigurasi quad-core 1.3GHz Cortex-A53 dan prosesor grafis Mali-T720. Masih dari sektor pendukung kinerja, smartphone ini juga telah RAM 2GB dan memori internal 16GB yang bisa diperluas via kartu microSD.

Berbekal spesifikasi hardware yang ditawarkan, di atas kertas kinerja Sharp Pi tidak terlalu ada kendala untuk menangani aktivitas pengguna, seperti untuk akses internet, komunikasi, hingga main game sedang.

Selain spesifikasi jeroan yang tadi disebut, untuk menyuplai daya di dalam bodi Sharp Pi telah tertanam baterai Li-Ion berkekuatan 3000 mAh. Meski tidak terlalu besar, setidaknya kapasitas baterai yang ditawarkan sudah lumayan. (Ozi)