pulsa-logo

Wow! Paten LG Pamerkan Ponsel Lipat dengan Dua Baterai


Nariswari

Jum'at, 06 April 2018 • 14:44

LG, Ponsel Lipat LG, Desain Ponsel Lipat LG, Bocoran Ponsel Lipat LG


Sumber: WIPO via Lets Go Digital via AHSumber: WIPO via Lets Go Digital via AH

LG Electronics pada Kamis (5/4 2018) berhasil memenangkan paten yang menjabarkan sebuah smartphone dengan desain lipat yang memiliki dua baterai dan sepasang headphone jack 3.5mm. Desain paten yang diterbitkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) di Korea Selatan ini awalnya diajukan oleh LG di akhir September 2016 dan sejak diajukan pertama kali, LG tidak diminta untuk merevisi aplikasinya hingga WIPO melakukan proses peninjauan hingga 18 bulan.

Paten LG tersebut menjelaskan dua varian desain dasar smartphone  yang kurang lebih agak mirip dengan ZTE Axon M. Hal ini berdasarkan fakta bahwa di paten tersebut terlihat bahwa desain smartphone yang dipatenkan itu  memiliki dua panel layar yang terhubung melalui engsel.

Tidak seperti ponsel lipat Android pertama  yang diluncurkan oleh ZTE, paten smartphone lipat LG pada dasarnya merupakan kombinasi dari dua modul display yang relatif mandiri, dengan keduanya didukung oleh baterai mereka sendiri dan menampilkan port audio terpisah untuk headphone atau aksesori lainnya menggunakan port audio 3,5 mm. Salah satu dari dua layar tersebut akan dibekali dengan pemindai sidik jari optic yang  terintegrasi ke dalam panel itu sendiri. Sisi layar yang sama juga akan dibekali dengan fitur dual kamera.

Namun saat ini belum jelas apakah kedua baterai tersebut dimaksudkan untuk digunakan secara bersamaan, meskipun itu dianggap menjadi salah satu solusi baru yang ditawarkan oleh LG untuk mencapai pendekatan yang seimbang terhadap manajemen daya di perangkat smartphone lipat.

Masing-masing layar tersebut akan mampu menampilkan dua video berbeda di layar mereka, sehingga  bisa memungkinkan dua orang pengguna untuk dapat  mencolokkan headphone mereka dan mendengarkan konten kesukaan mereka secara bersamaan. Asyik kan?

Banyak fungsi lain yang kemudian dapat dikembangkan dari paten tersebut. Termasuk kemampuan untuk memiliki dua layar yang masing-masing bisa bekerja sendiri-sendiri saat smartphone tersebut dilipat. Saat direntangkan, smartphone tersebut akan menggunakan satu layar sebagai perpanjangan dari yang lain yang berasal dari aplikasi yang disokong. Misalnya, saat layar  menampilkan kotak masuk email pada satu layar, maka isi dari surat elektronik yang dipilih akan tampil pada sisi layar yang lain.

Ada prediksi bahwa LG akan memilih konfigurasi desain unik di layarnya. Salah satu dari dua layar  tersebut memiliki desain melengkung, sedangkan yang lain memiliki desain layar yang benar-benar datar. Desain seperti itu untuk menutupi engsel ponsel ketika dilipat keluar.


Salah satu dari dua layar juga bisa bertindak sebagai keyboard dalam mode landscape ketika layar yang lain diposisikan miring. Tepian layar melengkung dari perangkat yang dipatenkan tersebut  juga akan dapat menampilkan notifikasi dari tiap email, pesan atau pemberitahuan aplikasi yang masuk ke smartphone. (Nariswari/Galing)

Sumber: WIPO via LetsGoDigital via AH