pulsa-logo

OPPO Dirikan Lembaga Riset AI dan 5G


Nariswari

Senin, 09 April 2018 • 10:13

OPPO, AI, OPPO AI Beauty, Selfie Expert and Leader


OPPO F7 dengan AI Beauty (Sumber: Oppo Indonesia)OPPO F7 dengan AI Beauty (Sumber: Oppo Indonesia)

Di tengah persaingan yang sengit di bisnis smartphone global dan pesatnya teknologi kekinian, bukanlah soal mudah bagi pabrikan smartphone untuk menciptakan produk canggih dengan harga kompetitif. Penelitian dan Pengembangan (R & D) tentunya merupakan aspek penting. Kuatnya basis R&D tentu akan membuat vendor dapat menciptakan smartphone berteknologi tinggi serta pada gilirannya dapat dimanfaatkan pula sebagai sumber pendapatan baru dengan melisensikannya kepada perusahaan lain yang membutuhkannya. Melihat peluang ini, Oppo pun mencoba mengarahkan lebih banyak fokus usaha mereka pada sektor R&D. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang berbasis di TIongkok tersebut bahkan telah mendirikan lembaga riset baru yang didedikasikan untuk pengembangan AI dan 5G.

Oppo selama ini dikenal karena fokusnya pada penelitian dan pengembangan teknologi terapan di smartphone. Investasi R&D tersebut kini akan mereka wujudkan dengan mendirikan lembaga penelitian dan pengembangan teknologi AI dan 5G ke banyak cabang dan kantor Oppo di seluruh dunia.

Sebuah informasi yang berasal dari media lokal China iFeng.com, menyebutkan bahwa markas besar dari Oppo  Research Institute akan dipusatkan di Shenzhen. Sementara kantor cabang utama lainnya akan mengambil lokasi di Beijing, Shanghai, Dongguan, Yokohama (Jepang), dan Silicon Valley (Amerika Serikat).

Lembaga riset Oppo ini akan fokus pada tiga hal, yakni  perangkat lunak, perangkat keras, dan standar spesifikasi. Oppo juga akan melakukan penelitian dan pengembangan terkait dengan teknologi 5G, pengembangan AI, pemrosesan gambar, dan penggunaan material baru untuk smartphone.

Adapun  pembukaan resmi dari lembaga penelitian R&D Oppo tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 29 Maret lalu. Hadir dalam acara tersebut adalah CEO Oppo, Chen Mingyong, dan Senior Vice President Oppo, Zeng Yuanqing. Dalam acara tersebut Oppo juga menunjuk Liu Chang sebagai kepala lembaga riset dimaksud.

Selain membangun investasi yang tidak sedikit di sektor R&D, Oppo juga mengumumkan bahwa mereka akan memperkuat kemitraannya dengan sejumlah perguruan tinggi terkemuka di seluruh dunia. Saat ini, Oppo telah membangun  kemitraan dengan Universitas Stanford untuk mengembangkan teknologi masa depan  dan membuat berbagai aplikasi berbasis  AI. Selain itu, Oppo diketahui juga telah membangun kerjasama dengan Universitas New York. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3