pulsa-logo

Gara-Gara Sensor Denyut Jantung, Apple Hadapi Tuntutan Hukum


Nariswari

Senin, 09 April 2018 • 14:49

Apple Watch,Apple Digugat


Sumber: Apple Watch Series 4Sumber: Apple Watch Series 4

Berita kurang menyenangkan datang dari Apple hari ini (9/4 2018) yang dikabarkan tengah menghadapi gugatan hukum dari Omni MedSci, sebuah perusahaan yang menuding bahwa  Apple telah melanggar paten teknologi milik mereka. Adapun paten dimaksud berkaitan dengan sensor detak jantung yang dihadirkan di Apple Watch.

Omni MedSci mengklaim bahwa mereka telah melakukan pertemuan dengan Apple dari sejak tahun 2014 hingga 2016, tetapi secara sepihak  Apple akhirnya mengakhiri negosiasi dan pembicaraan  untuk kemitraan dengan Omni MedSci. Diam-diam Apple rupanya “mencuri paten” tersebut serta menggunakannya pada jam pintar garapannya. Tidak terima dengan hal tersebut, Omni MedSci mengajukan gugatan hukum kepada pengadilan distrik Timur Texas, AS.

Apple pertama kali memperkenalkan Apple Watch pada tahun 2015. Dari sejak dipasarkan, Apple Watch telah menampilkan sensor denyut jantung built-in. Penginderaan denyut jantung pengguna adalah fitur kunci dari perangkat Apple Watch. Sebuah kajian terbaru menunjukkan bahwa fitur pemindai denyut jantung di Apple Watch dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi banyak masalah kesehatan seperti fibrilasi atrium, tanda-tanda awal diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Omni MedSci, perusahaan yang menggugat Apple, dimiliki oleh Mohammed Islam, yang pada tahun 2015 dideskripsikan oleh situs berita Detroit sebagai sosok  profesional yang mematenkan lebih dari 150 paten dan mengendalikan 6 perusahaan. Mohammed Islam memiliki keahlian dalam teknologi optik dan beliau tampaknya memiliki beberapa paten terkait teknologi tersebut. Salah satu perusahaan miliknya yang sekaligus pemegang patennya, yang bernama Cheetah Omni, telah mengajukan  tuntutan hukum  terkait  paten melawan  sejumlah perusahaan raksasa seperti Fujitsu, Alcatel-Lucent, Huawei, Nokia, dan Siemens.

Pada 2015, Mohammed  Islam mengatakan bahwa Omni MedSci mengembangkan  teknologi monitoring kadar glukosa yang diaplikasikan ke piranti sandang. Teknologi ini memanfaatkan laser untuk memantau kadar gula darah. Pada saat itu, Omni MedSci lantas mengadakan pertemuan dengan Apple tentang  teknologi tersebut. (Nariswari/Galing)

Sumber: MacRumors

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42