pulsa-logo

Bikin Game Kini Jadi Lebih Gampang dengan LINE Game Platform


Nariswari

Senin, 09 April 2018 • 16:20

Line, Line Game Platform, LINE Messenger


Sumber: Line Game PlatformSumber: Line Game Platform

Aplikasi pesan populer yang berbasis di Jepang, LINE hari ini (9/4 2018) meluncurkan LINE Game Platform sebagai tools atau alat yang sangat bermanfaat besar untuk para pengembang konten game (game developer). LINE Game Platfom merupakan sistem yang digunakan  untuk mengembangkan game, mulai dari pra-produksi hingga penerbitan dan pengelolaan/ maintenance aplikasi game di LINE. LINE Game Platform menawarkan tools  yang sangat stabil dan kuat yang  terintegrasi secara cerdas.

Hal ini berguna untuk meningkatkan seluruh proses pengembangan aplikasi game. Langkah LINE untuk meluncurkan LINE Game Platform ini tidak lain adalah sebagai bagian dari usaha LINE untuk memperluas kapasitas gaming di LINE, dan membantu memudahkan para pengembang aplikasi  yang berbasis di Indonesia, Jepang, Korea, Taiwan, Thailand, dan Amerika Serikat untuk membuat berbagai konten game yang berkualitas di LINE.

 

Adapun LINE GAME Platform terdiri dari 5 fitur utama yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi game. Antara lain:

•    AIR, sebuah one-stop platform keamanan yang menawarkan diagnosa, kemampuan perlindungan dan pemantauan

•    FUWA, sebulah cloud platform yang menawarkan infrastruktur yang dibutuhkan dalam pengembangan game

•    PION, sebuah in-game platform yang mendukung promosi, manajemen komunitas, pemantauan pengguna  game dan lainnya


•    GROWTHY, platform analisis data yang mengumpulkan dan menganalisis data permainan secara real time

•    QUATY, platform pengujian otomatis QA yang dioptimalkan untuk lingkungan global.

Di antara kelima fitur tersebut, yang paling vital bagi para developer adalah platform keamanan AIR (Active Incident Response), yang dirancang untuk mencegah eksploitasi, peretasan, dan masalah kerentanan  lainnya pada LINE Games yang mereka ciptakan.

Platform keamanan  AIR menawarkan pendekatan tiga cabang untuk keamanan game, yakni  AIR GO, AIR ARMOR dan AIR EYE. AIR GO menganalisis aplikasi mobile di smartphone untuk mengidentifikasi dan menganalisis kerentanan, masalah lisensi open-source, URL berbahaya, dan malware. AIR GO  inilah yang dapat mengidentifikasi  masalah dengan aplikasi tersebut bisa ditolak untuk dipasang di toko aplikasi. Tak hanya itu, AIR Go juga bisa digunakan untuk memeriksa lisensi kode aplikasi untuk membantu dalam mencegah masalah hukum.

Sementara itu,  AIR ARMOR adalah sistem keamanan yang menyediakan perlindungan seluler untuk aplikasi di berbagai tingkatan, berdasarkan pada berbagai teknologi keamanan terkemuka di industri. Kemampuan deteksinya termasuk serangan root/jailbreak, kecurangan, mkanipulasi gaming dengan menggunakan bantuan emulator, debugging, hingga solusi keamanan, sekaligus menyediakan perlindungan untuk kode Java, kode Native, dan lain-lainnya. AIR ARMOR mendukung banyak mesin  dan kerangka kerja pengembangan game secara teknis, termasuk Unity, Unreal dan Cocos, dan sudah digunakan oleh 80 aplikasi game di LINE.

AIR EYE adalah fitur yang bertugas  memonitor dan mengelola ancaman di lingkungan perangkat mobile, termasuk eksploitasi, rooting, kecurangan dan modifikasi. AIR EYE bisa membantu dalam menyelesaikan sekitar 14.000 kasus penyalahgunaan dan eksploitasi  dalam game di LINE.  LINE mengatakan bahwa AIR ARMOR dan AIR EYE akan tersedia untuk umum selama kuartal pertama di tahun 2018. (Nariswari/Galing)

Sumber: Press Release