pulsa-logo

Rata-rata Xperia Terbaru Mendukung Layar 120Hz, Tapi Kenapa Disembunyikan Sony?


dian iskandar

Senin, 09 April 2018 • 18:24

Sony,Xperia,120Hz,60fps,smartphone gaming,razer,razer phone


ilustrasiilustrasi

Smartphone gaming yang diusung oleh Razer menawarkan kemampuan layar yang memiliki frame rate tinggu yakni 120Hz. Nah sejatinya, smartphone besutan Sony terbaru memiliki fitur stand-out nyata dalam bentuk layar 4K yang indah, HDR-enabled dan bahkan mode frame rate tinggi 120Hz. Sayangnya, Sony menyembunyikan fitur ini atau tidak mengaktifkannya.

Baru-baru ini, sejumlah anggota forum di XDA dan Reddit telah mengutak-atik mode tersembunyi itu, yang telah dikunci oleh Sony, tetapi dapat diakses melalui modifikasi kernel. Jadi, ternyata, Xperia XZ Premium benar-benar mendukung tiga mode tampilan: standar 1080p @ 60fps, 2160p @ 60fps, serta modus 1080p @ 120fps yang tersembunyi.

Dengan dirilisnya Android Oreo untuk XZ Premium, dan berkat program Open Device Sony, pengembang dapat membangun ROM untuk membuka kunci layar 120Hz yang tersembunyi, tetapi hasilnya tidak konsisten. Beberapa laporan dari orang yang telah mengujinya memang masih kontradiktif. Ada yang mengatakan ada perbedaan yang jelas, sementara yang lain mengklaim itu hanya plasebo.

Meski begitu, ada daftar yang diunggah oleh salah-satu anggotanya yang memuat mode layar 120Hz pada smartphone Sony baru-baru ini, tetapi dinonaktifkan dan disembunyikan secara default, seperti pada Xperia XZ Premium. Model lainnya yang telah dikonfirmasi untuk mendukung mode refresh rate yang tinggi adalah: Sony Xperia X, Sony Xperia X Performance, Sony Xperia XZ, Sony Xperia XZ1, Sony Xperia XZ1 Compact, Sony Xperia XA2, dan Sony Xperia XA2 Ultra. Satu-satunya ponsel Xperia terbaru yang merupakan pengecualian adalah Xperia X Compact.

Sayangnya, ROM AOSP yang dikompilasi untuk perangkat yang disebutkan di atas tidak dapat menggunakan mode 120Hz, karena toggle untuk mengaktifkan mode 1080p @ 120fps tidak berfungsi. Ini bukan untuk mengatakan bahwa layar pada perangkat ini tidak mendukung frame rate yang lebih tinggi, karena pengembang Myself5 telah menemukan bahwa sebenarnya pengaturan kernel ke default ke mode 120Hz memang bekerja.  (*)

Sumber: XDA via Phonearena