pulsa-logo

Masa Depan Smartphone akan Memiliki Layar Lipat


Nariswari

Kamis, 12 April 2018 • 10:52

layar lipat,AMOLED,Super AMOLED,layar ponsel,LCD,amto gores


Purwarupa ponsel lipat, sumber: GizmochinaPurwarupa ponsel lipat, sumber: Gizmochina

Teknologi yang diterapkan di smartphone terus berkembang, memunculkan beragam fitur baru, desain baru, spesifikasi perangkat yang jauh lebih ditingkatkan, termasuk teknologi layar smartphone.

Belakangan ini  sejumlah pabrikan smartphone  sedang menggarap perangkat andalan terbaru mereka yang layarnya bisa dilipat.  Ada desas-desus bahwa smartphone  pertama yang memiliki layar berdesain lipat ini  akan tersedia secara komersial di tahun ini. Dan berdasarkan prediksi terbaru menyebutkan bahwa layar lipat OLED akan menjadi trend yang diterapkan di smartphone masa depan.

Sebuah  lembaga penelitian teknologi di Taiwan telah merilis video  berdurasi 72 detik yang diunggah ke YouTube berjudul “ITRI Foldable AMOLED Prototype”  yang menunjukkan  sebuah prototype  perangkat  yang dibekali dengan layar AMOLED  fleksibel yang dapat dilipat sedemikian rupa.

Layar AMOLED fleksibel tersebut  diproduksi oleh Institut Riset Teknologi Industri (ITRI) di Taiwan. Di video tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut  tentang perangkat apa yang dibekali layar AMOLED fleksibel tersebut. Namun dari desain yang ditampilkannya, sangat jelas merupakan prototipe dari smartphone lipat.  Pihak  ITRI mengatakan bahwa mereka  saat ini sedang mematangkan  produk tersebut, dan  saat ini perangkat itu telah  mendekati  “standar komersial” . Dan ini mengisyaratkan bahwa  akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

PAda video tersebut tampak seorang pria duduk sambil memainkan sebuah perangkat  yang lebih mirip tablet 7 inci.  Dia melipat sedemikian rupa layar tablet itu,  menjadi dua bagian yang sama. Dan menggunakan perangkat tersebut menjadi  modus smartphone dengan ukuran layar yang lebih kecil  untuk memeriksa notifikasi, dengan mengaktifkan modus  always-on display meski dalam kondisi layar dilipat. Perangkat tersebut dibekali dengan engsel yang mirip dengan yang terdapat  di Lenovo Yoga Book (yang juga bisa dilipat).

Disebutkan bahwa  layar fleksibelanel  semestinya memiliki ketahanan  abrasi dan memiliki fold resistant (tahan lipat) setidaknya lebih dari 200.000 kali melipat dengan radius lipat 3mm. Jika rata-rata pengguna memeriksa/mengecek perangkatnya sekitar 150 kali per hari, itu berarti panel  fleksibel  tersebut  diprediksi akan bertahan selama hampir 4 tahun.  Prediksi ini dinilai cukup wajar,  dan tidak terlalu buruk  jika kita melihat pola konsumsi dan gaya hidup pengguna smartphone yang mayoritas akan mengganti perangkat mereka  setelah 2 atau 3 tahun penggunaan. (*)

Sumber: 1, 2, 3