pulsa-logo

Hands-on: Evercoss Xtream 1 Plus, Murah dengan Layar Penuh dan Kamera Ganda


Deni Hardian

Jum'at, 13 April 2018 • 10:48


Belum lama ini Evercoss telah memperkenalkan dan memasarkan smartphone berfitur layar penuh dengan kamera ganda di pasaran. Tak berselang lama, Evercoss kembali menghadirkan smartphone yang memiliki fitur yang nyaris sama namun kali ini, Evercoss menggandeng operator XL dan Youtube Go pada perangkat nya. Adalah Evercoss Xtream 1 Plus yang merupakan smartphone berfitur layar penuh dengan dukungan kamera ganda yang menyerupai Evercoss U60 yang sebelumnya telah beredar di pasaran.

Ada sedikit perbedaan dibandingkan Evercoss U60 dengan Evercoss Xtream 1 Plus yakni pada sisi ukuran layar yang lebih mungil dengan dimensi 5.5 inci plus resolusi 480x960 piksel dan rasio 18:9. Selain ukuran layar, kapasitas baterai yang tertanam pada Xtream 1 Plus juga lebih kecil dengan kapasitas 2650 mAh.

Dibanderol dengan harga Rp939.000, smartphone besutan Evercoss ini sudah hadir di meja redaksi. Bagaimana kesan pertama menggengam perangkat ini dan apa saja yang di sediakan dalam paket penjualannya? Simak ulasanny berikut ini.

Desain

Kita mulai dari sisi desain, Xtream 1 Plus hadir dengan desain yang menyerupai pendahulunya yakni Evercoss U60, meski tampil dengan body yang sedikit lebih mungil, perangkat ini telah menanamkan panel layar berukuran 5.5 inci dengan format 18:9 plus resolusi qHD+ (480x960p). Tepi perangkat ini telah dibalut oleh bingkai metal, namun pada sisi belakangnya hanya dibekali dengan kover belakang bermaterial plastik yang bisa dibuka untuk menempatkan kartu sim ataupun microSD. Uniknya di bagian belakang perangkat Evercoss menyematkan logo Youtube Go.



Sedikit berbeda dengan Evercoss U60, desain yang ditawarkan Xtream 1 Plus lebih nyaman digenggam karena memiliki body yang lebih kompak. Secara keseluruhan perangkat ini memiliki dimensi body 148.5 x 83,8 x 9,5 mm dan bobot sekitar 175 gram termasuk baterai.

Layar 5.5 Inci, Rasio 18:9

Seperti yang sudah disebut diatas, perangkat ini memiliki panel layar berukuran 5.5 inci plus teknologi layar IPS untuk menyajikan tampilan layar yang lebih baik. Perangkat ini juga telah menyematkan OS Android 7.0 Nougat dengan tambahan kustom UI khas ponsel Evercoss lainnya. Mulai dari gesture, pemindai wajah dan yang lainnya.

Apiknya lagi, perangkat ini juga ditambahkan beragam fitur menarik untuk meningkatkan fungsionalitasnya mulai dari 4G Dual-on, Face Unlock, sensor pemindai sidik jari dan fitur 4G Dual-on.

Kamera

Hadir dengan label harga Rp939.000, Evercoss Xtream 1 Plus sudah menjajakan dual-camera utama 8MP +  2.0 MP. Selain dibekali dengan dua sensor kamera, alat bidik utama pada Evercoss U60 juga sudah disuntik kemampuan auto focus.

Selain kamera utama yang terletak di belakang, Evercoss  Xtream 1 Plus juga dibekali alat bidik selfie berkekuatan 8 MP yang sudah dilengkapi dengan lampu flash.

Hardware

Pada spesifikasi penyokong kinerja, smartphone ini dikemas dengan prosesor quad-core Cortex-A7 dengan kecepatan 1.3 GHz serta memiliki GPU Mali-400. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB yang masih bisa diperluas via slot kartu microSD yang mendukung daya tampung hingga 68 GB.

Tidak ketinggalan, di sektor penyuplai daya Evercoss U60 ditenagai dengan baterai Li-Ion berkekuatan 2650 mAh. Menariknya, pada smartphone barunya ini Evercoss menyertakan sebuah baterai yang bisa dicopot.

Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Nantikan Reviewnya di Tabloid PULSA edisi mendatang.