pulsa-logo

Wah! Xiaomi Tertarik Akusisi GoPro


Fauzi

Jum'at, 13 April 2018 • 15:09

Xiaomi,GoPro


Action Camera GoPro, Foto: PULSAAction Camera GoPro, Foto: PULSA

GoPro, bagi pengguna action camera pasti tidak asing lagi dengan nama tersebut. Kabarnya, Xiaomi tertarik untuk mengambil alih perusahaan ini. Lho?

Adalah Bloomberg yang dalam sebuah laporan terbarunya menyatakan bahwa Xiaomi sedang mempertimbangkan apakah pihaknya akan membuat tawaran mengakuisisi GoPro.

Pembesut action camera, GoPro, didirikan oleh Nick Woodman pada 2002. Sayangnya, perusahaan ini disebut tengah mengalami masalah keuangan sejak beberapa tahun belakangan. Bahkan, pada tahun 2016, GoPro diketahui telah mem-PHOK hampir 600 karyawannya. Selain itu, perusahaan juga telah menutup bisnis drone mereka.

Sebagai pendiri perusahaan, Woodman pun sudah mengkonfirmasi ke media bahwa dia siap untuk menjual GoPro.

“Jika ada kesempatan untuk menggabungkan GoPro dengan sebuah induk perusahaan yang lebih besar yang dapat membantu meningkatkan bisnis kami dan memberikan pengembalian investasi yang lebih baik [..] kami akan menyambut untuk menjajaki peluang seperti itu,” kata Woodman.

Ketika untuk pertama kalinya menjadi perusahaan publik di 2014, value perusahaan ketika itu ada di kisaran 10 miliar USD. Namun, harga saham GoPro kini telah turun secara signifikan sebesar 36% pada tahun 2018 dan kapitalisasi pasarnya sekitar 700 juta USD.

Untuk saat ini belum ada informasi detil terkait detail dari kesepakatan yang akan terjadi antara Xiaomi dan GoPro seandainya akuisisi ini benar-benar terjadi. Pun begitu, berdasarkan spekulasi GoPro setidaknya akan mengantongi sekitar 1 miliar USD dari akusisi tersebut. (Ozi)


Sumber: 1, 2