pulsa-logo

Terlanjur Dihapus, File di WhatsApp Kini Bisa Diunduh Lagi


Nariswari

Senin, 16 April 2018 • 14:54

WhatsApp, Fitur Baru WhatsApp


Sumber: Play StoreSumber: Play Store

Pembaruan WhatsApp untuk  Android telah menambahkan beberapa fitur anyar serta perbaikan bug. Sebelumnya, WhatsApp telah memperbaiki masalah timestamp yang ditemukan dalam  pada versi beta 2.18.109. Kini, aplikasi pesan instan populer  tersebut  telah memperkenalkan fitur lain yang memungkinkan pengguna mengunduh file media yang sudah dihapus.

Sebelumnya, jika pengguna menghapus file media yang berada pada folder WhatsApp yang tersimpan di smartphone, pengguna biasanya tidak akan dapat mengunduhnya lagi. Namun aplikasi perpesanan yang dimiliki Facebook tersebut kini memperkenalkan fitur anyar yang akan memungkinkan pengguna untuk mengunduh kembali file media yang dihapus.

Sesuai  informasi yang diperoleh dari WABetaInfo, melalui update terbarunya,  WhatsApp sekarang memungkinkan pengguna untuk mengunduh file media yang sudah terlanjur dihapus, seperti gambar, video, GIF, pesan suara, dan dokumen.

Fitur itu diperkenalkan di update terbaru WhatsApp antara versi 2.18.106 dan 2.18.110. Fitur baru yang saat ini tersedia di WhatsApp versi 2.18.113 di perangkat berbasis OS Android.

Yang menarik, fitur WhatsApp baru ini mengindikasikan bahwa aplikasi tersebut akan menyimpan file media milik pengguna di servernya bahkan setelah file-file tersebut diunduh. Sebelumnya, WhatsApp menyimpan file media yang belum diunduh selama 30 hari serta akan menghapusnya dari server begitu pengguna mengunduhnya. Namun sekarang, WhatsApp rupanya akan tetap mempertahankan file media tersebut pada server miliknya sehingga pengguna dapat mengunduhnya kembali jika tidak sengaja terhapus.

Perlu dicatat bahwa jika Anda menghapus file media dari folder di ponsel cerdas Anda, Anda harus memiliki pesan di mana pengirim mengirimi Anda file tertentu, agar dapat mengunduhnya lagi.

Informasi ini muncul di tengah kritik atas penyalahgunaan data oleh Facebook. Namun, WhatsApp baru-baru ini memberitahu penggunanya bahwa data dan komunikasi mereka diamankan dengan enkripsi end-to-end dan tidak ada kemungkinan pihak ketiga yang dapat membaca pesan dan mendengarkan panggilan yang Anda dan teman Anda lakukan- bahkan WhatsApp itu sendiri. (Nariswari/Galing)


Sumber: WABetaInfo via NDTV