pulsa-logo

Ssst, Ada Lebih Dari 3.300 Aplikasi Android Melacak Anak-Anak


dian iskandar

Senin, 16 April 2018 • 15:40

Ssst, Ada Lebih Dari 3.300 Aplikasi Android Melacak Anak-Anak


ilustrasiilustrasi

Pengijinan aplikasi untuk mengakses hal-hal yang sensitive sering kali kita abaikan. Ini mungkin secara tidak sadar kita lakukan agar bisa menikmati fitur aplikasi tersebut. Bahkan, kita juga tidak tahu akibat dari pemberian ijin tersebut merugikan atau tidak. Sebagai contoh, aplikasi yang memerlukan ijin pengguna untuk melacak lokasi.

Menurut sebuah studi terbaru, para peneliti telah menemukan bahwa lebih dari 3.300 aplikasi Android telah secara tidak sah mengumpulkan data tentang anak-anak yang berpotensi melanggar undang-undang. Undang-undang yang dimaksud adalah COPPA AS yang membatasi pengumpulan data pada anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Selama penelitian, para peneliti menemukan bahwa 281 dari total 3.300 aplikasi mengumpulkan kontak dan / atau data lokasi tanpa meminta izin orang tua. Sekitar 1.100 berbagi informasi pengenal dengan pihak ketiga, sementara lebih dari 2.000 aplikasi tampaknya melanggar persyaratan layanan Google yang melarang aplikasi membagikan informasi teridentifikasi tersebut ke tujuan yang sama dengan ID Iklan Android.

Beberapa dari pelanggaran ini masih dipertanyakan dan berpotensi diperdebatkan, tetapi apakah pengembang akan bermasalah atau tidak semua tergantung aturan yang berlaku. (*)

Sumber: Engadget via Ubergizmo

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42