pulsa-logo

Wow! Aplikasi Streaming Musik JOOX Sudah Capai 70 Juta Unduhan di Indonesia


Galing

Selasa, 17 April 2018 • 18:55

JOOX, Unduhan JOOX, Pengguna JOOX


Senior Director of Business Development Tencent Holdings Ltd, Benny Ho (Sumber: PULSA)Senior Director of Business Development Tencent Holdings Ltd, Benny Ho (Sumber: PULSA)

Lebih dari 300 brand dari kalangan pelaku bisnis di Indonesia hadir dalam seminar yang diadakan oleh JOOX di Empirica, Jakarta Selatan pada hari Selasa (17/04/2018). Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran lebih jelas tentang gambaran perilaku konsumen sebagai salah satu cara untuk menyasar generasi milenial.

Data dari perusahaan yang dimiliki oleh Tencent Group ini menunjukkan bahwa aplikasi musik streaming yang meluncur di Indonesia sejak bulan Oktober 2015 ini telah diundah sebanyak 70 juta kali. Perolehan angka yang begitu tinggi ini lebih mengejutkan lagi hanya berlaku untuk wilayah tanah air. Sehingga dengan demikian hanya dalam waktu kurang dari tiga tahun, JOOX sudah berhasil menduduki peringkat pertama mengalahkan aplikasi serupa yang lebih dulu masuk di pasar streaming musik domestik.

Penelitian oleh Ipsos bahkan menunjukkan tingkat pengetahuan orang Indonesia akan JOOX ini telah mencapai angka 80%. Jauh meninggalkan aplikasi lain yang angkanya bahkan tidak lebih dari 48%. Lebih menariknya lagi, 70% dari pengguna layanan streaming dimaksud nyatanya berasal dari generasi milenial. Tidak mengherankan bila pada akhirnya berbagai upaya ditempuh untuk lebih meningkatkan besaran keuntungan bisnis dari kaum milenial ini melalui penawaran sejumlah iklan.

Berbicara mengenai hal ini, Senior Director of Business Development Tencent Holdings Ltd, Benny Ho lantas mengungkap fakta bahwa sekitar 60% anggaran iklan perusahaan lebih banyak dihabiskan untuk media televisi. Sayangnya tingginya dana yang dihabiskan ini hanya menjangkau 36% kaum milenial. Sedang dengan hanya mengalokasikan 17% anggaran pemasaran melalui platform digital, angka kaum milenial yang berhasil dijangkau bahkan bisa mencapai 30%.

Inilah yang kemudian menjadikan JOOX gigih menayangkan iklan melalui platform miliknya yang kemudian direalisasikan dalam berbagai bentuk yang meliputi:

1.    T1 Banner, banner yang terdapat pada halaman utama (dicover page) yang dapat menampilkan komunikasi sebuah produk. T1 Banner dapat terhubung dengan playlist, video dan microsite.

2.    Flash Screen, banner berisi informasi produk yang dapat dilihat setelah membuka aplikasi JOOX sebelum masuk pada halaman utama (discover page). Bentuk iklan ini juga dapat terhubung pula pada ketiga hal yang sudah disebut pada bentuk iklan pertama di atas.


3.    Audio Ads, informasi produk dalam format audio yang dapat didengarkan di sela-sela lagu yang tengah diputar.

4.    Video ads [CPV], menginformasikan produk melalui video dengan durasi 15-30 detik. Pengguna dapat menikmati JOOX VIP gratis setelah video selesai ditonton.

5.    Download ad [CPI], ajakan untuk mengunduh sebuah aplikasi tertentu dan mendapatkan JOOX VIP. Link dari informasi ini dapat terhubung dengan microsite, Google Play atau App Store. (Galing)