pulsa-logo

iPhone X Sumbang 35% Laba Industri Smartphone Global di Q4 2017


Nariswari

Rabu, 18 April 2018 • 11:24

iPhone X


iPhone X. Foto: Apple.comiPhone X. Foto: Apple.com

Menurut data yang dikeluarkan Counterpoint Research, terungkap bahwa Apple berkontribusi cukup besar dalam laba industri smartphone global di Q4 2017.

Seluruh industri smartphone melaporkan penurunan keuntungan hingga 1% untuk periode waktu yang sama. Salah satu handset yang memiliki peranan besar  dalam menyumbang keuntungan industri selama periode tersebut adalah iPhone X.

Smartphone iPhone X yang diluncurkan tahun lalu menyumbang 35% dari keuntungan smartphone global. Jelas ini pencapaian yang luar biasa, meskipun smartphone tersebut hanya tersedia selama dua bulan di Q4 2017 (November dan Desember).

Tak hanya itu, smartphone ini juga menyumbang 21% dari pendapatan smartphone global untuk periode tiga bulan. Selama kuartal keempat, iPhone X memiliki lima kali lipat keuntungan yang dihasilkan oleh 600 produsen smartphone Android.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Karn Chauhan, seorang analis Counterpoint mengatakan bahwa  iPhone X kemungkinan akan terus bertumbuh semakin maju. Selain itu, semakin lama umur simpan semua iPhone memastikan bahwa Apple masih memiliki 8 dari 10 smartphone teratas, termasuk model iPhone yang dirilis tiga tahun yang lalu. 

Produsen smartphone Tiongkok mencetak laba sebesar 1,3 miliar USD pada Q4 karena perusahaan-perusahaan tersebut sudah mulai berani menggarap handset kelas menengah atas, yang telah menaikkan harga jual rata-rata perusahaan-perusahaan tersebut. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2