pulsa-logo

Kesan Pertama Mencicipi Xiaomi Redmi Note 5


PULSA

Rabu, 18 April 2018 • 18:13

Xiaomi,Redmi Note 5,Redmi Note 5 resmi,arga redmi note 5,jual redmi note 5


Seperti kabar yang pernah kami sampaikan sebelumnya, hari ini Xiaomi resmi merilis produk andalan terbaru mereka Redmi Note 5. Cukup menarik dikala pasar smartphone Indonesia tengah dalam persaingan sengit terutama untuk segmen menengah.

Xiaomi Redmi Note 5 hadir dalam dua varian dengan besaran RAM 4G+64 GB ROM dan 3 GB + 32 GB ROM. varian, namun versi yang kami pegang ini adalah varian dengan RAM 4GB dan ROM 64 GB. Redmi Note 5 ini bisa dikatakan sebagai produk antisipasi Xiaomi pada trend penggunaan teknologi Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang kini diterapkan pada kamera smartphone.

Nah, apa saja yang menarik dari Xiaomi Redmi Note 5 ini, berikut paparan singkat mengenai sosok penerasu Redmi Note 4.

Disain

Tampilan Xiaomi Redmi Note 5 ini jelas sudah lebih kekinian dibanding Redmi Note 4. Sebagai produk penerus, Redmi Note 5 kini punya tampang lebih ramping dan trendi dengan layar 18:9 full view dan minim bezel. Jadi, meski layar Redmi Note 5 ini berukuran hampir 6 inci, masih terlihat kompak dan enak digenggam.

Bagian belakang sekilas tak ada perubahan berarti, mirip seri Xiaomi lainnya. Ada sensor sidik jari berbentuk bulat dan logo MI di bagian bawahnya. Hanya saja, kamera utama dibuat sedikit lebih menonjol dari permukaan. Bagian sisi masih dipertahankan dengan susunan tombol power dan volume rocker di sebelah kanan dan tray sim card di sebelah kiri. Oh ya, tray SIM card Redmi Note 5 menggunakan sistem hybrid, jadi Anda bisa memasang dua SIM card atau satu SIM card plus kartu memori.



Beralih ke bagian depan, di sisi atas layar ada tiga lubang yang besarnya hampir sama yang terdiri dari kamera depan, sensor proximity dan lampu LED flash. Di bagian bawah tampak polos, sebab Redmi Note 5 ini tidak lagi mengandalkan tombol home fisik, semua sudah digantikan dengan tombol virtual. Pada bagian atas ada sensor infrared yang fungsinya untuk mendukung fitur Mi Remote.  Sementara bagian bawah tak ada perubahan frontal, hanya diisi lubang charger Micro USB, jack audio 3,5mm, lubang speaker dan mic.

Memiliki dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm, Redmi Note 5 cukup berbobot dengan berat sekitar 181g. Ini masih terbilang wajar sebab Redmi Note 5 menggendong baterai sebesar 4000 mAh.

Performa  

Kinerja Xiaomi Redmi Note 5 ditopang oleh chipset terbaru Snapdragon 636 yang masih terbilang masih jarang digunakan pada smartphone yang beredar di Indonesia. Xiaomi mengklaim bahwa Redmi Note 5 merupakan produk pertama di dunia yang menggunakan shipset ini. Buat yang belum kenal dengan chipset ini, kami uraikan secara singkat.

Snapdragon 636 merupakan kelanjutan seri 600 yang kuat berkat Qualcomm Spectra ISP (untuk kamera), CPU Kryo 260 yang dibangun pada teknologi ARM Cortex, dan modem Snapdragon X12 LTE dengan kemampuan downlink hingga 600 Mbps. Didesain untuk mendukung fotografi tingkat lanjut dan game yang disempurnakan, Snapdragon 636 menawarkan masa pakai baterai yang lama dan kecepatan LTE yang cepat untuk smartphone dan tablet kelas atas.

“Kryo” sendiri sebelumnya digunakan oleh Qualcomm untuk custom core pada chipset kelas atas, seperti 835 dan 845. Jadi, Qualcomm kali ini memboyong spesifikasi tersebut pada chipset seri 600 atau kelas menengah agar bisa lebih terjangkau.

Kryo 260 memiliki 8 core yang terbagi dalam 2 cluster, untuk performa tinggi akan ditugaskan pada basis CPU dari Cortex A73. Tahun lalu, Cortex A73 masih digunakan pada smartphone kelas flagship (teratas). Satu lagi adalah cluster untuk menghemat daya, terdapat 4 core berbasis Cortex A53 yang terkenal memang hemat daya. Akan tetapi, core ini sudah dimodifikasi untuk menghasilkan performa dan penghematan daya yang lebih baik.

Secara keseluruhan, sisi prosesor Snapdragon 636 ini menawarkan peninkatan perfoma sekitar 50% lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625.

Chipset yang keren tadi juga masih ditopang dengan RAM sebesar 4GB DDR 4. Ini akan menjanjikan performa yang baik untuk digunakan sebagai pendukung kerja ataupun bermain game juga multimedia. Kami sempat menjajal memankan game AOV dan hasilnya smooth. Tapi untuk lebih detailnya, kami akan kupas lebih mendalam pada bagian Review.

Xiaomi Redmi Note 5 dikemas dengan antarmuka MIUI 9.5 alias yang terbaru. Custom ROM ini berbasis  Android Oreo 8.1. Nah, selain performa yang bikin takjub, ternyata Redmi Note 5 ini juga mendukung dual SIM dengan 4G standby. Ini merupakan tawaran yang masih cukup jarang pada smartphone kelas menengah.

Kamera

Tak hanya mengunggulkan performa, Xiaomi mengemas Redmi 5 Note dengan kamera yang mumpuni. Kamera utama Redmi Note 5 terdiri dari 12 MP + 5 MP. Tentu saja dengan kombinasi ini Anda bisa menganlkannya untuk mengambil gambar mode Portrait untuk mendapatkan hasil gambar bokeh. Menariknya, kamera utama Redmi Note 5 ini dibuat oleh Samsung lho.

Teknologi pada kamera utama Redmi Note 5 ini pun tak bisa diremehkan. Sebagai contoh teknologi dual PDAF sensor yang bisa menjamin autofocus lebih cepat. Pun bisa diandalkan untuk mengambil gambar yang baik pada kondisi minim cahaya.

Sementara untuk kamera depan, Redmi Note 5 dibekali sensor 13 megapiksel. Memang hanya single lensa, tapi Anda tetap bisa memotret dengan mode portrait untuk hasil gambar bokeh. Ini berkat teknologi AI yang mendukung semua pengambilan gambar baik pada kamera depan maupun belakang. Untuk hasil gambar yang lebih detail, kami akan ulas pada rubric Review.

Harga dan Paket Penjualan

Xiaomi Redmi Note 5 varian 4 GB RAM + 64 GB ROM ditawarkan Rp2.999.000, sedangkan untuk versi 3GB+ 32 GB ROM hanya dipatok Rp2.499.000. Kedua harga tersebut bisa Anda dapatkan pada flash sale yang akan diadakan 25 April mendatang di Lazada.

Paket penjualan Xiaomi Redmi Note 5 terdiri dari buku manual, kartu garansi, perangkat, kelapa charger, kabel data microUSB dan pelindung atau soft case. (*)