pulsa-logo

Benarkah Samsung Galaxy S10 Bakal Gunakan Pemindai Sidik Jari di Layar?


Nariswari

Kamis, 19 April 2018 • 14:19

Samsung, Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy S10+, Galaxy S9, Glaxy S9+, On-screen Fingerprint


Ilustrasi Samsung Galaxy S10 (Sumber: GizChina)Ilustrasi Samsung Galaxy S10 (Sumber: GizChina)

Pemindaian sidik jari di layar sebagai salah satu bentuk autentikasi pengguna di perangkat pintar, tidak dipungkiri telah menjadi trend baru di smartphone kekinian. Sejauh ini, hanya ada tiga smartphone yang menampilkan teknologi identifikasi sidik jari di bawah layar. Seperti yang Anda ketahui, smartphone tersebut adalah Vivo X20 Plus UD, Vivo X21 UD, dan Huawei Mate RS Porsche Design. Ada juga Vivo APEX yang juga dibekali dengan pemindai sidik jari yang didesain setengah layar. Sebagai trend baru yang dibenamkan di smartphone kekinian, OEM global tidak ingin ketinggalan untuk menggarap trend tersebut. Salah satunya adalah Samsung yang kabarnya akan memulai pengembangan teknologi ini di  Galaxy S10.

Menurut informasi yang diperoleh dari media lokal di Korea Selatan, Samsung telah secara resmi mengkonfirmasi layar Galaxy S10 dan S10+. Kedua ponsel akan terus menggunakan jenis  layar seperti Samsung S9, tetapi ukuran layar akan berubah. Samsung Galaxy S10 akan dikemas dengan layar  berukuran 5,8 inci, sedangkan S10+ akan menampilkan layar 6,3 inci. Adapun model Galaxy S9 dikemas dengan layar 5,77 inci, sedangkan S9+ menampilkan layar 6,22 inci.

Seorang narasumber yang menyebutkan bahwa  layar Galaxy S10 dan S10+ akan mulai diproduksi pada bulan November. Dengan mempertimbangkan fakta bahwa waktu produksi layar sekitar enam bulan, maka besar kemungkinan ukuran layar yang disebutkan tidak akan berubah.

Tapi yang lebih menarik, disebutkan bahwa Galaxy S10 akan hadir dengan dukungan pemindai  sidik jari di layar seperti ketiga smartphone yang disebutkan di atas tadi.

Sebelumnya, sempat dikabarkan bahwa Samsung bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan teknologi pemindaian sidik jari di bawah layar smartphone. Namun, pada saat ini, masih belum jelas perusahaan apa yang akan membuat komponen layar yang dilengkapi sensor tersebut untuk Samsung.

Selain itu, Samsung Galaxy S10 juga kabarnya akan dilengkapi dengan fitur  pemindaian wajah atau mirip dengan fitur FaceID  di iPhone X. Hal ini dketahui awalnya dari kabar yang menyebutkan bahwa Samsung tengah mengembangkan modul 3D di smartphone. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina