pulsa-logo

Hands-on: SPC L54 Optima, Smartphone FullView Ramah di Kantong


Fauzi

Kamis, 19 April 2018 • 19:43

Review SPC L54 Optima


Paket Penjualan, Foto: PULSAPaket Penjualan, Foto: PULSA

SPC siap mengambil hati konsumen di segmen low-end lewat smartphone anyar, L54 Optima. Harganya smartphone ini Rp875.000. Dengan harga tergolong cukup bersahabat, SPC L54 Optima datang mengusung layar beraspek rasio 18:9. Sangat jelas, bahwasanya layar 18:9 atau tertulis di box kemasan dengan istilah FullView merupakan nilai jual utama dari L54 Optima. Tentu tidak sebatas itu, masih ada sejumlah aspek yang nampaknya patut disorot dari smartphone ini. Jadi, simak saja icip-icip PULSA dengan smartphone yang ramah di kantong ini.

Desain

Menyuguhkan layar berdiagonal 5 inci dengan aspek rasio 18:9, membuat smartphone initampil dengan bodi cenderung memanjang. Secara dimensi pun SPC L54 Optima menjadi lebih kecil dibanding smartphone dengan layar seukurannya tapi datang dengan layar berasio 16:9. Secara keseluruhan bodi SPC L54 Optima cukup kompak, yang tentu membuatnya nyaman digenggam dan masih oke-oke aja kalau dimasukkan ke saku. 

SPC L54 Optima menyematkan panel kaca lengkung 2.5D di area muka. Adapun panel belakang smartphone ini masih menggunakan bahan plastik. Menyasar segmen bawah, meski tampil dengan layar berkonsep kekinian atau biasa disebut FullView.



Secara detil, di area muka selain panel layar 5 inci, kita bisa temui adanya sensor kamera depan dan receiver. Komponen lain seperti tombol power dan tombol volume berada di area sisi sebelah kanan. Sisa komponen lainnya, seperti port microUSB dan jack audio 3.5 mm Nampak bertengger di ruas sisi bagian atas. Di panel belakang, seperti biasa di sini merupakan tempat sensor kamera utama berada, tepatnya di sisi kiri bagian atas, sementara di bagian bawah Nampak terlihat logo SPC dan lubang speaker.

Layar FullView LCD

SPC L54 Optima diracik dengan layar FullView LCD yang sejatinya merupakan julukan lain dari rasionya yang sudah 18:9. Layar SPC L54 Optima sendiri memiliki diagonal 5 inci beresolusi 480 x 960 piksel. Dengan diagonal layar 5 inci layar smartphone mampu menyajikan konten dengan kepadatan sekitar ~215 ppi.

Disebabkan rasio yang sudah 18:9, layar L54 Optima tidak hanya terlihat memanjang, tapi pengalaman yang diberikan,khususnya untuk browsing, nonton video, atau main game pun juga jadi lebih asyik.

Kamera

Untuk urusan fotografi, SPC L54 Optima dibekali sensor kamera utama 8 MP lengkap dengan lampu flash di bagian belakang. Adapun di bagian depan, sebagai alat bidik sekunder smartphone ini juga menawarkan resolusi 8 MP, namun tanpa diserta lampu flash.

Bicara soal fasilitas yang ditawarkan, pada antarmuka kamera SPC L54 Optima terdapat sejumlah menu yang bisa dimanfaatkan guna mendapatkan hasil bidik sesuai keinginan.Secara garis besar fasilitas yang ditawarkan sudah tercakup pada menu Mode dan Setting. Di antara fasilitas yang tercakup di menu mode antara lain terdapat mode Burst, Audio picture, night-shot, manual, scene, QR Code, Auto, Panorama, dan Filter.

Jeroan

Kinerja SPC L54 Optima ditopang oleh chipset SpreadtrumSC9850 yang memiliki konfigurasi prosesor quad-core 1.3 GHz Cortex-A7dan GPU Mali-T820. Di samping CPU dan GPU, smartphone ini juga dibekali dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Berhubung media penyimpan data yang kapasitasnya tergolong minim, untuk lebih leluasa sepertinya pengguna ‘wajib’ memperluas penyimpanannya dengan kartu microSD.

Tak ketinggalan tentunya smartphone juga dibekali baterai untuk menyuplai daya daya. Dalam hal ini, SPC L54 Optima dibekali baterai yang tak terlalu besar, yakni hanya berkapasitas 2150 mAh. SPC L54 Optimus masih mengadopsi baterai yang bisa dicopot (removable). Dengan baterai yang bisa dilepas, tentu pengguna tidak terlalu repot bila suatu saat smartphone mengalami ‘hang’ umpamanya. Solusinya cukup mudah di mana biasanya baterai hanya dicopot saja. Bisa juga karena faktor usia, daya baterai tak lagi prima, pengguna bisa dengan mudah mengganti baterai dengan membelinya di pasaran. (Ozi)

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44