pulsa-logo

Canggih! Akses Recent Apps di Android P Bakal Gunakan Gesture


Nariswari

Jum'at, 20 April 2018 • 06:54

Android P, Fitur Android P, Bocoran Android P


Sumber: 9to5GoogleSumber: 9to5Google

Jelang akan diselenggarakannya konferensi pengembang Google I/O 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2018, yang biasanya akan dimanfaatkan oleh raksasa mesin pencari tersebut untuk mengumumkan versi terbaru OS Android, kini mulai banyak informasi dan rumor yang berkembang terkait ‘Android P’. Salah satunya adalah  terkait dengan desain antarmuka aplikasi yang merupakan perubahan yang paling mudah dikenali oleh pengguna.

Tergantung pada ponsel yang Anda gunakan, menu aplikasi Android terbaru biasanya memang  berbeda. Pada MIUI, aplikasi disusun secara horizontal dan dapat “disusutkan”  hanya ke ikon tertentu saja. Untuk OxygenOS dan Android, aplikasi terbaru diatur dalam sistem kartu vertikal. Nah, saat Android P diluncurkan, menu aplikasi terbaru akan didesain ulang sedemikian rupa.

Seperti dilansir GizmoChina dari laman 9to5google, tampilan aplikasi terbaru (recent apps) pada ‘Android P’ akan beralih ke pengaturan horizontal. Aplikasi akan tetap diatur di belakang satu sama lain dan tidak berdampingan seperti di MIUI. Cara kerjanya  sama seperti pengaturan vertikal saat ini. Usap layar ke kiri untuk memilih aplikasi yang ingin Anda tutup dan usap ke atas untuk menutup aplikasi.

Namun, itu bukan satu-satunya perubahan yang datang di OS Android P. Tombol aplikasi terbaru juga dihapus, hanya menyisakan tombol Home yang sekarang berbentuk garis yang sangat simple  dan tombol Back. Untuk mengakses menu aplikasi terbaru, Anda perlu mengusap tombol Home ke atas. Saat pengguna berada di layar depan, satu-satunya tombol yang terlihat adalah tombol aplikasi Home yang juga berperan sebagai opsi untuk mengakses menu terbaru. Tombol Back  kabarnya akan menghilang lewat pembaruan Android P.

Penghapusan tombol Back dan desain tombol Home ini dapat menjadi gerakan bertahap untuk navigasi berbasis sensor gesture total untuk perangkat  Android. Langkah ini masuk akal karena sebagian besar produsen merilis perangkat dengan bezel tipis dan tombol virtual.

Namun demikian ada kemungkinan  desain pada versi preview ini masih belum matang sehingga dapat saja berubah saat versi akhir Android P dirilis nantinya. (Nariswari/Galing)

Sumber: 9to5 via liliputing via GizmoChina