pulsa-logo

Chat, Penantang iMessage dari Google Siap Rilis Bulan Mei?


Galing

Jum'at, 20 April 2018 • 19:02

Google, Chat, Allo, iMessage, Apple, Google Hangout, Android, Google I/O 2018


Ilustrasi Chat di Android (Sumber: PhoneArena)Ilustrasi Chat di Android (Sumber: PhoneArena)

Jelang akan diselenggarakannya konferensi pengembang Google I/O 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2018, biasanya akan ada sejumlah fitur, fungsi atau jenis layanan baru yang akan ditawarkan oleh sang raksasa mesin pencarian tersebut kepada para pengguna Android.

Seperti dilansir dari TheVerge, Google diketahui saat ini tengah menyiapkan layanan olah pesan penantang iMessage berjuluk Chat. Berbeda dari WhatsApp, Line atau Facebook Messenger, Chat memanfaatkan teknologi RCS atau rich communication service yang merupakan pengembangan dari SMS dengan penambahan sejumlah kemampuan.

Setiap pesan yang dikirim oleh pengguna Chat kemudian akan diteruskan melalui jaringan operator. Kemudian jika penerima adalah pengguna Android, maka pesan akan ditampilkan oleh layanan Chat. Namun demikian jika penerima bukanlah pengguna Android, maka pesan yang masuk akan diterima lewat SMS.

Meski sifat layanan ini menjanjikan universalitas, namun demikian karena layanan ini memerlukan campur tangan operator maka upaya penyadapan dengan alasan hukum tentu merupakan hal yang tak dapat dihindari. Berbeda dengan aplikasi besutan Google sebelumnya seperti Hangouts dan Allo, Chat sendiri memang bukan merupakan bentuk aplikasi yang harus dipasang pada ponsel pengguna. Ia adalah jenis layanan yang baru akan aktif setelah mendapatkan lampu hijau dari operator. Kabarnya, demi memuluskan rencananya ini, Google sampai harus melakukan mutasi sebagian besar tim pengembang Allo kepada tim pengembangan layanan Chat ini. Imbasnya, pengembangan aplikasi Allo tampaknya bakal dihentikan sementara.

Tidak hanya itu, setiap pesan yang dikirim oleh pengguna Android melalui layanan ini juga tidak akan mengurangi pulsa Anda. Secara ringkas setiap penggunaan layanan ini akan mengurangi kuota data Anda, namun demikian pihak operator masih terus dilibatkan dalam menangani layanan ini demi memastikan sampainya isi pesan kepada penerima yang kebetulan bukan pengguna Android atau bahkan mereka yang sampai saat ini masih menggunakan ponsel fitur atau ponsel jadul.

Detail informasi soal layanan Chat ini besar kemungkinan akan diungkap oleh Google setidaknya saat penyelenggaraan Google I/0 pada bulan depan. Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya dari kami. (Galing)

Sumber: PhoneArena via TheVerge