pulsa-logo

Xiaomi Mi7 Akan Jadi Smartphone Android Pertama dengan 3D Face Unlock?


Nariswari

Senin, 23 April 2018 • 12:46

Xiaomi Mi7


Ilustrasi: Xiaomi Mi 6, Foto: PULSAIlustrasi: Xiaomi Mi 6, Foto: PULSA

Diboyongnya fitur Face ID ke iPhone X, membuat fitur face unlock menjadi sebuah tren baru yang keren, di samping layar berponi.

Adapun di ekosistem Android, sejauh ini memang belum ada persamaan yang tepat dengan sistem face unlock yang dipopulerkan oleh Apple tersebut. Tentu, fitur face unlock ini adalah fitur yang memang sudah banyak diterapkan di banyak perangkat berbasis Android tetapi tidak didukung oleh sistem penginderaan mendalam (depth sensing) atau 3D.  

Nah berkaitan dengan itu, sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa fitur pengenalan wajah generasi terbaru yang didukung perangkat keras sedang dikembangkan oleh Xiaomi. Perangkat tersebut akan diluncurkan di  Q3 tahun ini. Xiaomi Mi 7 adalah smartphone yang digadang bakal membawa fitur tersebut.

Kabarnya, Xiaomi Mi 7 akan dibekali dengan teknologi penginderaan 3D. Menurut laporan itu, teknologi ini masih belum siap untuk ‘prime time’ sebagai modul penginderaan 3D karena Xiaomi masih memiliki masalah yang berkaitan dengan pengaplikasian di perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Perlu Anda ketahui, fitur 3D face unlock sejauh ini didukung oleh teknologi yang dikembangkan oleh  Qualcomm, Himax Technologies, dan Truly Opto-electronics. Modul ini hanya bekerja dengan chip Qualcomm Snapdragon 845. Ini adalah merupakan petunjuk lain bahwa Xiaomi Mi 7 kemungkinan besar  adalah smartphone Android pertama di dunia yang akan hadir dengan fitur 3D face unlock. Oleh karena Huawei dan Samsung sama-sama menggunakan chip Qualcomm di flagship mereka, maka dengan meluncurkan Xiaomi Mi 7 secara otomatis akan  menjadi pesaing utama kedua vendor tersebut. Terutama dengan Xiaomi Mi 7 dibekali dengan fitur keren yakni  penginderaan 3D.

Xiaomi Mi 7 awalnya dijadwalkan akan diluncurkan pada Q2 tahun 2018. Tapi fitur penginderaan wajah 3D membuatnya tertunda hingga Q3 2018. Selain itu, tidak seperti iPhone X, pada  Xiaomi Mi 7 juga kabarnya akan dibekali dengan pemindai sidik jari yang ditanam di bawah layar sebagai alternatif otentifikasi pengguna. Hal ini sempat diungkapkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun beberpa waktu yang lalu. Meski Lei Jun tidak secara gamblang mengungkapkan fitur tersebut.

Selain itu, Xiaomi Mi 7 kemungkinan akan mendukung pengisian daya  nirkabel, dan berbagai fitur konektivitas lainnya. Namun tidak disebutkan apakah smartphone ini masih mendukung komeksi port audio 3,5mm atau tidak.


Saat ini, Xiaomi sedang bersiap untuk merilis smartphone terbarunya yakni Xiaomi Mi 6X di China pada tanggal  25 April. Handset ini akan menjadi penerus Mi 5X dan dibekali dengan fitur kamera ganda, dan menjalankan prosesor kelas menengah, yakni Qualcomm Snapdragon 660. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44