pulsa-logo

Terungkap! Ini Dia Sosok Smartwatch Nokia yang Batal Dirilis


Nariswari

Selasa, 24 April 2018 • 11:15

Nokia, Microsoft, Smartwatch Nokia, Nokia Moonraker


Sumber: GizmoChinaSumber: GizmoChina

Saat HMD Global mengakuisisi merek smartphone Nokia, upaya HMD untuk menghidupkan kembali merek ini memang cukup mengesankan sejak perusahaan Finlandia tersebut merilis Nokia 6 tahun lalu. Microsoft yang sebelumnya jadi pemegang lisensi Nokia sebetulnya juga berusaha melakukan hal serupa, meski pada akhirnya raksasa software Amerika tersebut terpaksa harus angkat tangan seiring dengan merosotnya penjualan smartphone Lumia 950. Sementara itu bisnis smartwatch Nokia juga melempem yang membuat Microsoft hengkang pula dari pasar piranti sandang.

Sebelum keluar dari bisnis piranti sandang tersebut, Microsoft dan Nokia diam-diam sempat melakukan pengujian prototype smartwatch generasi mendatangnya yang disebut " Nokia Moonraker". Namun entah kenapa, mereka pada akhirnya tidak pernah merilisnya ke publik.

Nokia Moonraker memiliki semua fitur smartwatch canggih dan keberadaan perangkat semacam itu adalah bukti nyata bahwa pada titik tertentu Microsoft dan Nokia memiliki komitmen besar pada bisnis piranti sandang.

Kini beredar rangkaian bocoran foto yang menampilkan Nokia Moonraker yang menunjukkan desain dan fitur smartwatch yang tidak pernah dirilis tersebut. Tidak hanya itu, sebuah video baru yang beredar memberikan pandangan lebih dekat pada pembaruan firmware terakhir yang dirilis untuk Nokia Moonraker.

Kabar sebelumnya menyebutkan bahwa Microsoft berencana untuk merilis smartwatch Nokia Moonraker berbarengan dengan Lumia 930 Windows Phone tetapi itu tidak pernah terjadi. Lumia 930 Windows Phone hanya melenggang sendiri. Nokia juga tidak jadi merilis smartwatch tersebut hingga detik ini.

Terlihat pada bocoran gambar dan video tersebut, smartwatch tersebut menampilkan antarmuka langsung berbasis tile yang mirip dengan yang ada di handset Lumia series. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan tombol fisik tunggal yang dapat digunakan untuk beralih antara dua layar seperti aplikasi dan layar awal.

Perangkat ini juga memiliki dukungan untuk gesture sensor (sensor gerakan) yang akan memungkinkan pengguna untuk melihat pemberitahuan secara cepat hanya dengan menggerakkan smartwatch dengan gerakan tertentu. Smartwatch juga memiliki aplikasi bernama "My Phone" yang terlihat seperti alat untuk memasangkannya dengan smartphone.


Nokia Moonraker dibekali dengan layar LCD berbentuk persegi dengan resolusi 240 × 190 piksel, dan juga memiliki fitur seperti NFC, giroskop dan beberapa sensor lainnya. Di dalamnya, terdapat applikasi Windows Phone yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan jam tangan pintar ini dari jarak jauh.

Sayang sekali nokia memutuskan untuk tidak meluncurkan Nokia Moonraker ini ke publik. Padahal, jika terlahir sebagai produk nyata, smartwatch ini terbilang akan menjadi perangkat yang canggih di kelasnya. (Nariswari/Galing)

Sumber: WindowsLatest via GizmoChina