pulsa-logo

Smart Speaker Facebook Ditunda Sampai Oktober, Apa Sebabnya?


Nariswari

Selasa, 24 April 2018 • 14:02


Ilustrasi Smart SpeakerIlustrasi Smart Speaker

Sejak beberapa bulan yang lalu, raksasa jejaring sosial dunia Facebook dikabarkan tengah menggarap perangkat smart speaker garapan mereka sendiri. Speaker pintar garapan Facebook tersebut awalnya dikabarkan akan mulai produksi massal pada bulan Juni, tetapi volume pesanan untuk 2018 telah diturunkan sekitar 20% dari rencana semula. Secara mengejutkan, Facebook mendadak memutuskan untuk menunda peluncuran speaker pintarnya tersebut hingga ke bulan Oktober 2018.

Informasi ini berasal dari narasumber di rantai pasokan untuk komponen perangkat smart speaker dimaksud. Mereka membenarkan tentang adanya penundaan hingga pada bulan Oktober. Namun volume pesanan untuk 2019 dikatakan tidak akan mengalami perubahan.

Facebook awalnya berencana untuk memperkenalkan 2 (dua) seri smart speaker pada bulan Mei 2018, tetapi rencana tersebut terpaksa ditunda karena adanya skandal kasus pelanggaran privasi yang bahkan sempat membuat pusing perusahaan tersebut. Beberapa hari yang lalu, Mark Zuckerberg bahkan telah dipanggil oleh kongres AS untuk memberi kesaksian mengenai masalah privasi di layanan jejaring sosial miliknya.

Adapun dua smart speaker Facebook tersebut memiliki nama sandi Fiona dan Aloha. Keduanya dilengkapi dengan panel sel 15 inci yang dipasok dari LG Display. Sementara Pegatron adalah produsen tunggal dari kedua perangkat smart speaker tersebut. Smart speaker Aloha akan dibanderol dengan label harga lebih tinggi daripada Fiona, karena layarnya yang dapat disesuaikan. (Nariswari/Galing)

Sumber: Digitimes