pulsa-logo

Kencan Singkat dengan ASUS ZenFone Max Pro M1


Galing

Selasa, 24 April 2018 • 16:46

ASUS, ASUS ZenFone Max Pro M1, Review ASUS ZenFone Max Pro M1


ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 3GB (Sumber: PULSA)ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 3GB (Sumber: PULSA)

Harga:

RAM 3GB/ ROM 32GB: Rp 2.299.000

RAM 4GB/ ROM 64GB: Rp 2.799.000

RAM 6GB/ ROM 64GB: Rp 3.299.000

Unboxing ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)Unboxing ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)

Hiruk pikuk persaingan industri smartphone global di segmen tengah rupanya ikut membuat sejumlah vendor tertarik untuk berlomba-lomba melempar produk dengan spesifikasi yang mirip serta harga yang tak beda jauh. Dari sekian banyak vendor yang memasukkan produknya ke pasar domestik, ASUS adalah salah satu pabrikan yang cukup sukses menangguk untung. Namun belakangan ini pundi-pundi keuangan mereka mulai terancam oleh kehadiran Xiaomi yang berani menawarkan rangkaian produk murah dengan spesifikasi yang tak kalah mumpuni.

Nah agar dapat terus bersaing melawan dominasi pabrikan Tiongkok di kelas menengah tersebut, maka ASUS pada awal pekan ini bertepatan dengan tanggal 23 April kemarin resmi memperkenalkan ZenFone Max Pro M1. Bersenjatakan panel lapang dengan desain minim bezel serta tampilan layar penuh, smartphone ini bersiap taklukkan pasar Indonesia dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 636 yang merupakan chipset dengan proses produksi 14nm.


Sosok Depan ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)Sosok Depan ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)

Dimulai dari sisi layar, perangkat ini menyuguhkan diagonal seluas 6 inci dengan resolusi 2160x1080 piksel dalam aspek rasio 18:9. Layar dengan tampilan penuh (FullView Display) yang disematkan pada sang perangkat juga memiliki kecerahan hingga senilai 450 nits. Selain itu rasio kontras miliknya juga tercatat tinggi hingga sebesar 1500:1. Tidak usai di sini, ASUS juga menggunakan panel dengan NTSC Color Gamut yang mencapai hingga 85%. Kualitas gambarnya juga menakjubkan dengan hadirnya teknologi reproduksi warna berjuluk TruPallete. Sementara untuk kontras di bawah terik sinar matahari juga diupayakan berada pada tingkat maksimal dengan dijejalkannya fitur EcoPix pada sang panel.

Sosok Belakang ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)Sosok Belakang ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)

Meski memiliki diagonal yang lebar, namun dengan penerapan desain yang nyaris tanpa bezel membuat perangkat ini terasa seperti sebuah smartphone dengan layar berukuran 5,5 inci. Sayangnya ASUS tidak menyebutkan lapisan perlindungan apa yang ditambahkan pada sang layar.  Mengingat desainnya yang mengikuti pakem kekinian, wajar bila sang vendor lantas memindahkan sensor sidik jari ke bagian belakang. Smartphone dengan sistem operasi Android Oreo ini walau bagaimanapun tampil sedikit berbeda dari ponsel garapan ASUS sebelumnya lantaran ini merupakan perangkat pertama yang hadir tanpa atribut ZenUI yang biasanya berperan sebagai antarmuka tambahan.

Nilai AnTuTU ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)Nilai AnTuTU ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)

Nilai Geekbench ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)Nilai Geekbench ASUS ZenFone Max Pro M1 (Sumber: PULSA)

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ZenFone Max Pro M1 yang hadir dengan prosesor octa core 1.8GHz ini telah ditemani oleh RAM berukuran 3GB dan ROM sebesar 32GB. Sementara dua varian lainnya juga bakal dipasarkan belakangan dengan kombinasi RAM dan ROM masing-masing 4/64GB dan 6/64GB. Kemudian untuk menunjang operasional telah diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000mAh yang telah menyokong fitur pengisian daya cepat. Pihak ASUS mengklaim bahwa ponsel ini dapat terisi penuh dalam waktu 2 jam 42 menit dari posisi kosong. Pengguna yang penasaran dengan nilai benchmark dari perangkat ini dapat melihat hasil pengujian yang PULSA lakukan lewat gambar di atas.

Bergeser pada urusan jeprat-jepret, ponsel ini sudah menyokong kamera ganda berukuran 13 yang bersanding dengan 5 megapiksel. Perpaduan keduanya siap hasilkan gambar jernih dengan efek bokeh yang menakjubkan.

Bagi pengguna yang mengidamkan kamera berkualitas lebih baik dapat mencoba menantikan ketersediaan varian RAM 6GB di pasaran yang dikatakan siap abadikan gambar dengan resolusi hingga 16MP. Sementara guna penuhi kebutuhan selfie sudah disematkan kamera dengan resolusi 8MP. Meski menjalankan sistem operasi Android Oreo murni, namun aplikasi kamera yang digunakan memang telah mengalami modifikasi sedemikian rupa guna mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Hal lain yang juga patut mendapatkan catatan ialah kemampuan merekam ponsel ini yang bisa dimaksimalkan hingga resolusi 4K UltraHD. Penasaran dengan kualitas fotografi serta deretan fitur apa saja yang ditanamkan? Nantikan ulasan lengkapnya di Tabloid PULSA edisi 387 mendatang. (Galing)