pulsa-logo

Survei: 97% Pengguna Puas dengan iPhone X Mereka


Nariswari

Rabu, 25 April 2018 • 14:20

iPhone X


iPhone X, Image: Apple.comiPhone X, Image: Apple.com

Tidak hanya sebagai perangkat yang revolusioner dari sisi desain, iPhone X juga jempolan dari sisi fitur dan spesifikasi yang dibawanya.

Sekadar pengingat, iPhone X adalah smartphone Apple pertama dengan opsi layar penuh dan fitur pengenalan wajah 3D yang diberi nama FaceID.

Sayangnya, alih-alih diprediksi akan meroket di pasaran, pada pertengahan Desember 2017 lalu, analis Wall Street mengklaim penjualan iPhone X masih di bawah ekspektasi. Meski demikian, Apple melaporkan pangsa pasar Q4 tahun 2017 meningkat penjualannya lebih dari 17% berkat iPhone X. Namun, sebulan lalu, Apple akan memangkas produksi iPhone X untuk periode Q2 2018. Jadi di mana yang benar?

Terlepas dari hal tersebut, cukup menarik menyimak hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan riset Creative Strategy. Hasil survey ini mengungkapkan sisi lain dari puas tidaknya pengguna iPhone X dengan perangkat mereka. Setidaknya ini bisa memberikan gambaran lebih baik tentang kepuasan pengguna iPhone yang fenomenal tersebut.

Menurut survei, 85% dari semua responden (jumlah responden sebanyak 1,746) mengatakan mereka sangat puas dengan iPhone X. Sebanyak 12% dari mereka ‘puas’, sementara 3% tidak puas dengan berbagai tingkatan dan oleh beberapa alasan.

Ternyata 97% pengguna iPhone X puas dengan perangkat mereka. Ini adalah tingkat kepuasan tertinggi yang pernah kita lihat untuk iPhone. Akan tetapi, itu bukan angka tertinggi jika memperhitungkan semua produk Apple. Pada tahun 2015, Apple Watch generasi pertama memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang sama. Di sisi lain, hanya 66% dari pengguna Apple Watch dalam tingkat sangat puas dengan perangkat itu.

Menariknya, survei ini juga mengungkapkan fitur apa saja dari iPhone X yang menonjol. Di antara jajaran fitur yang ditawarkan oleh iPhone X. FaceID dan masa pakai baterai adalah fitur yang paling dipilih oleh pengguna dan tingkat kepuasannya berada di atas (90%). Sementara tingkat kepuasan terhadap fitur Siri hanya 20%. Tingkat kepuasan ini cukup rendah, dan cukup wajar jika ada anggapan bahwa Siri telah menjadi masalah besar di Apple. Namun Apple selalu bersikap optimis dan menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa Siri adalah 'voice asssistant’ paling populer di dunia. (Naris/Ozi)


Sumber: 1, 2