pulsa-logo

Pemesanan Komponen untuk iPhone Berkurang, Siapa Kena Getahnya?


Nariswari

Kamis, 26 April 2018 • 13:14

Apple, iPhone, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus


Perakitan iPhone 6 (Sumber: Actualidadwatch)Perakitan iPhone 6 (Sumber: Actualidadwatch)

Prediksi tentang Apple mengurangi pesanan komponen untuk perangkat iPhone sepertinya benar adanya. Informasi yang berasal dari pemasok komponen untuk Apple yang berbasis di Taiwan tersbeut mengatakan bahwa pesanan dari Apple untuk mereka telah berkurang atau mengalami penundaan.

Kekhawatiran tentang Apple mengurangi pesanan telah tumbuh setelah produsen utama prosesor iPhone, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), merilis proyeksi pendapatan  perusahaan yang lebih rendah dari ekspektasi awal mereka untuk kuartal kedua 2018 baru-baru ini. TSMC mengharapkan pendapatan kuartal kedua mencapai USD $ 7,8-7,9 miliar, nilai ini turun 6,6% -7,8% dari kuartal sebelumnya, dan angka tersebut berkurang sekitar USD 1 miliar dari yang diproyeksikan oleh analis.

Sumber dari industri komponen yang berbasis di Taiwan tersebut menunjukkan bahwa penurunan ini adalah salah satunya diakibatkan oleh berkurangnya pesanan dari Apple atas komponen yang bakal digunakan di iPhone.

Sumber-sumber di rantai pasokan Apple juga mencatat bahwa beberapa produsen pembuat komponen  panel sentuh, yang telah beroperasi pada jadwal tiga-shift untuk memenuhi pesanan, kini telah mengurangi beban kerja karyawannya untuk giliran jam kerja malam lantaran berkurangnya pesanan dari Apple.

Selain itu, visibilitas pesanan Apple untuk kuartal ketiga 2018 masih belum jelas. Sebagian besar pemasok belum melihat akan adanya peningkatan kembali jumlah pesanan Apple hingga pertengahan kuartal ketiga 2018.  Selain itu, jumlah pesanan komponen untuk produk iPad dan MacBook generasi baru disebut-sebut juga akan mengalami penundaan. (Nariswari/Galing)

Sumber: Digitimes